Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/02/2016, 16:05 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Sejumlah peneliti dari Universitas Bath menemukan alasan lain mengapa sarapan setiap pagi sangat penting. Menurut hasil studi terbaru, sarapan dapat memicu orang gemuk atau yang kelebihan berat badan untuk melakukan aktivitas fisik.

Peneliti membandingkan kelompok obesitas yang diberi sarapan setiap pagi dan kelompok yang tidak sarapan. Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition juga melakukan penelitian terhadap sekelompok orag berusia 21-6- tahn.

Hasilnya, sarapan membuat orang gemuk lebih banyak melakukan aktivitas fisik di pagi hari dan asupan makanan berkurang pada jam makan berikutnya.

Sarapan dapat meningkatkan energi sehingga seseorang lebih bisa bergerak aktif. Menurut peneliti, meningkatkan aktivitas fisik merupakan salah satu cara yang paling mempengaruhi kesehatan seseorang.

Peneliti utama Dr James Betts pun mengatakan, ingin meneliti lebih lanjut hubungan antara sarapan, berat badan dan kesehatan. Namun, menurut James, sejauh ini dampak dari sarapan sangat tergantung dari individu masing-masing. Adapun, anggapan bahwa sarapan bisa meningkatkan berat badan juga salah.

Sementara itu, menurut Dr Enhad Chowdhury, masing-masing orang juga akan merespon sarapan yang berbeda-beda. Sebab, tak semua orang mendapat sarapan dengan kandungan nutrisi yang sama setiap pagi.

"Efek sarapan sereal manis dibandingkan dengan sarapan dengan protein tinggi hasilnya bisa berbeda," kata dia.

Peneliti pun berencana melakukan penelitian berikutnya untuk mengetahui efek jenis sarapan yang berbeda-beda untuk menemukan asupan makanan yang tepat agar sarapan menyehatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com