Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/02/2016, 18:03 WIB

KOMPAS.com - Serangan jantung biasanya terjadi secara tiba-tiba, dimana akan terasa sakit pada bagian hati dan berlangsung selama beberapa detik lalu hilang. Terkadang, seseorang tidak mengetahui bahwa ia mengalami serangan jantung karena tidak menyadari mengenai hal tersebut.

Untuk memastikan sakit yang dirasa, maka ada empat tanda serangan jantung yang harus kita ketahui:

Nyeri dada tak terduga
Nyeri dada tidak terduga dapat menjadi tanda dari serangan jantung. Seseorang cenderung tidak bisa menahan rasa sakit tersebut hingg terus membungkuk. Seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi juga lebih memiliki risiko terkena serangan jantung daripada yang bertekanan darah normal. Dalam hal ini disebut pula bahwa stres dapat memicu serangan jantung.

Nyeri pada tubuh bagian atas
Kadang, rasa sakit tidak muncul hanya pada bagian dada, namun pada bagian tubuh atas, seperti lengan, perut atas, leher, dan rahang. Biasanya, rasa sakit pada bagian ini tidak dihiraukan sehingga sering terlambat mendapatkan pengobatan.

Sesak napas
Serangan jantung selalu disertai dengan sesak napas. Ketika tiba-tiba bernapas lebih cepat dan terasa sesak, ini dapat diidentifikasi sebagai serangan jantung.

Mual dan keringat dingin
Tanda serangan jantung yang terakhir adalah mual, berkeringat dingin, bahkan pusing. Seseorang seperti dalam kondisi panik, sehingga membuat tubuh keringat dingin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com