Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/02/2016, 21:11 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Begitulah saran dari sebuah penelitian baru yang dilakukan di University of Bristol dan telah diterbitkan dalam jurnal Cell Reports.

Peneliti berkata, ketika Anda merasa tidak yakin atau bingung untuk mengambil sebuah keputusan besar atau sedang mempersiapkan hari penting dalam beberapa hari ke depan, tidur bisa menjadi awal kesuksesan sekaligus obat alami pereda stres.

Pola dari aktivitas otak yang berlangsung selama Anda terbangun, akan diputar kembali selama tidur oleh hippocampus, atau bagian otak yang berperan sebagai lemari arsip memori.

Pemutaran” ulang tersebut akan membantu Anda dalam membuat dan menyimpan memori. Dan dengan tertidur lelap, sel-sel otak yang bertugas untuk mengatur memori akan bekerja lebih baik dalam memilah informasi dan menentukan mana yang layak untuk disimpan.

Sehingga, mendapatkan tidur yang cukup tak hanya baik untuk kesehatan, namun mampu mempertajam otak dalam berpikir, meningkatkan kecerdasan serta kreativitas, serta membuat seseorang berpikir lebih jernih.

“Sehingga penemuan baru ini bisa menjadi bukti bahwa tidur malam yang berkualitas bisa menjadi kunci yang baik untuk segalanya, entah untuk kesehatan atau kesuksesan Anda,” papar peneliti

Jadi bila banyak orang yang masih bekerja atau berlatih semalam suntuk untuk menghadapi sebuah ujian atau proyek di hari berikutnya, tidur malam yang berkualitas bisa menjadi pilihan baru untuk hasil yang lebih baik.

“Ini seperti memberikan otak kesempatan untuk lebih fokus dan terhindar dari stres berlebihan,” lanjut peneliti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com