Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Bypass Lambung Stabilkan Gula Darah Diabetesi

Kompas.com - 10/03/2016, 11:45 WIB
Dian Maharani

Penulis

GUANGZHOU, KOMPAS.com – Bypass lambung selama ini lebih dikenal sebagai prosedur operasi untuk menurunkan berat badan berlebih. Akan tetapi, operasi ini ternyata juga efektif mengatasi penyakit diabetes.

Ahli bedah dari Rumah Sakit Jinshazhou-Kedokteran Universitas Guangzhou, China Wu Liang Ping mengatakan, operasi bypass lambung (memangkas sebagian lambung), pada penyandang diabetes bisa menyebabkan gula darah selalu stabil.

Dengan begitu, penyandang diabetes atau dikenal dengan sebutan diabetesi, tidak perlu minum obat-obatan pengontrol gula darah seumur hidup.

"Operasi bypass akan mengurangi penyerapan makanan di usus. Penyerapan gula dan lemak di usus jadi lebih rendah jadi gula darahnya terkontrol," terang Wu di Guangzhou, Rabu (9/3/2016).

Ada beberapa metode operasi bypass yang disesuaikan dengan kondisi pasien. Salah satunya dengan mengubah aliran makanan di usus untuk mengurangi penyerapan. Bagian lambung juga dipangkas dari kapasitas 500 ml pada kondisi kosong, menjadi hanya sekitar 50 ml.

Operasi bypass otomatis akan menurunkan berat badan yang berlebih itu karena kapasitas lambung juga lebih sedikit dari sebelumnya. Setelah operasi, pasien akan lebih cepat kenyang.

Pada beberapa minggu pertama setelah operasi, pasien harus cukup konsumsi cairan, dilanjut dengan makanan lunak di minggu berikutnya. Tiga bulan kemudian, pasien sudah bisa makan seperti biasa.

Menurut Wu, operasi bypass juga dapat meningkatkan sekresi insulin sehingga fungsi pankreas perlahan membaik. Wu mengatakan, bypass lambung merupakan pengobatan jangka panjang dan dapat meningkatkan usia harapan hidup pasien menjadi 8 tahun. Tingkat keberhasilan operasi untuk mengontrol gula darah mencapai lebih dari 90 persen.

Namun, operasi ini hanya bisa dilakukan pada pasien diabetes tipe 2 dan yang memiliki indeks massa tubuh di atas 27 atau berlebihan berat badan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com