Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2016, 14:00 WIB
KOMPAS.com - Dua jenis obat yang sedang diuji berhasil mengecilkan tumor secara dramatis, bahkan menghilangkan kankere payudara dalam tempo 11 hari.

Kemampuan menakjubkan obat tersebut diharapkan bisa meniadakan kemoterapi bagi wanita yang menderita kanker payudara.

Obat tersebut adalah lapatinib dan trastuzumab, yang dikenal dengan herceptin. Kedua obat itu menargetkan HER2, protein yang menjadi bahan bakar pertumbuhan kanker payudara pada sebagian wanita.

Penelitian tersebut dilakukan pada 257 wanita dengan menargetkan pada HER2 yang ditemukan pada 1 dari 10 kanker payudara. Ukuran kanker pada partisipan studi ini antara 1-3 cm.

Herceptin bekerja pada permukaan sel kanker, sementara lapatinib mampu masuk ke dalam sel untuk melumpuhkan HER2.

Peneliti merasa kaget dan tak menyangka dengan hasil dramatis obat ini. Apalagi, durasi mengecilnya tumor sangat cepat, yakni saat tumor didiagnosis dan operasi untuk mengangkatnya. Ketika dokter bedah akan melakukan operasi, ternyata sudah tidak ada tanda kanker pada beberapa pasien.

Dalam waktu kurang dari 2 minggu pemakaian obat, kanker hilang pada 11 persen kasus, dan sekitar 17 persen tumor mengecil dengan ukuran kurang dari 5 mm.

"Kami sangat kaget dengan hasil penelitian ini karena waktunya sangat singkat," kata Profesor Judith Bliss dari institut penelitian kanker di London.

Para ahli menyebutkan hasil penelitian ini merupakan langkah besar dalam perawatan kanker yang disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

Saat ini terapi untuk pasien kanker dengan HER2 positif adalah operasi yang diikuti dengan kemoterapi dan pemberian obat herceptin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com