Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gemuk Gara-gara Nonton Foto Makanan Enak di Media Sosial

Kompas.com - 12/03/2016, 19:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Kendati Anda sudah sukses menerapkan pola makan sehat dengan menghindari makanan sangat manis dan berlemak, bisa saja berat badan jadi naik hanya dengan memandangi foto makanan di Instagram dan Pinterest. Serius!

Menurut sebuah studi berjudul Eating with Our Eyes: From Visual Hunger to Digital Satiation, fotografi makanan berlemak tinggi yang menarik secara visual dapat menyebabkan naiknya aliran darah ke bagian otak yang berkaitan dengan keinginan untuk makan, meskipun kita tak sedang lapar.

Dengan kata lain, melihat burger dengan lelehan keju dan daging yang menggiurkan jelas membuat kita ingin makan sesuatu yang memuaskan lidah dan perut.

Meski demikian, Anda tak perlu buru-buru unfollow akun yang sering memasang foto makanan enak. Otak memang bisa bikin kita lapar, tetapi kita juga dapat memanipulasi sinyal lapar dari otak itu.

Ketika melihat gambar pizza dengan lumuran keju sebelum makan siang, ingatlah makanan terakhir yang disantap. Semangkuk oatmeal saat sarapan memberi efeknya dengan roti dilapisi cream cheese.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com