Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/03/2016, 16:15 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Buang air besar teratur bukan hanya membuat perut lega, perasaan pun ikut lega. Sayangnya, tak semua orang dapat teratur buang air besar. Teratur berarti buang air besar di waktu yang sama setiap hari.

Beruntunglah mereka yang tak butuh alarm untuk buang air besar. Setiap pagi, secara otomatis mereka dapat buang air besar lantas mandi pagi. Sistem tubuh mereka bekerja serutin jam.

Sebagian dari kita tidak mengalami hal seperti itu. Mungkin kita termasuk yang buang air besar ketika sudah amat mendesak. Agak merepotkan memang, ketika itu terjadi saat perjalanan jauh dengan fasilitas toilet kurang memadai.

Ada pula jenis orang yang rela menahan buang air besar agar dapat melakukannya di rumah. Hal ini sejatinya kurang baik. Terus menerus menahan buang air besar dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti konstipasi, kembung atau nyeri perut.

Sebenarnya, kapankah waktu terbaik untuk buang air besar? Dr Kenneth Koch mengatakan waktu terbaik untuk melakukannya adalah segera setelah bangun tidur. "Bagi sebagian besar orang, waktu terbaik dan teraturnya adalah di pagi hari," katanya.

Segera buang air besar di pagi hari adalah waktu terbaik untuk buang air besar karena sementara kita tertidur, usus kecil dan usus besar sibuk memroses makanan yang kita santap sehari sebelumnya. Di pagi hari, sisa makanan itu siap untuk dibuang.

Tetapi buang air besar teratur dan terjadwal hanya dapat terjadi ketika kita konsisten. Usus seperti halnya sebagian besar dari kita lebih menyukai rutinitas dan mereka akan berterima kasih, jika kita dapt buang air besar di jam yang sama setiap hari. Bila kita mampu menciptakan waktu buang air besar yang rutin, tubuh kita akan luar biasa gembira.

"Anda dapat memikirkan 100 alasan tak punya waktu, tetapi sempatkan sarapan, kenali kebutuhan buang air besar. Itulah bagaimana caranya Anda punya kegiatan yang teratur," kata Koch.

Saat usus kita bahagia, diri kita juga bahagia. Mereka yang punya jadwal buang air besar teratur jarang punya masalah perut kembung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com