Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2016, 17:07 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Alergi merupakan reaksi yang disebabkan oleh sistem imun sebagai respon terhadap zat di lingkungan sekitar yang biasanya tidak berbahaya pada sebagian besar orang.

Punya alergi yang hanya kambuh jika Anda berada di kamar tidur? Pertimbangkan untuk melakukan empat rutinitas bersih-bersih ini.

1. Pindahkan rak buku
Semua buku-buku dan pernak-perniknya adalah magnet bagi debu. Jika memungkinkan, pindahkan buku-buku ke ruangan yang lain. Pastikan sarung bantal, seprai dan selimut selalu dibersihkan (dipukul-pukul) setiap hari.

2. Terapkan aturan hewan peliharaan tak boleh masuk kamar
Melarang hewan peliharaan berada di kamar Anda, tidak akan 100 persen membantu, bagi Anda yang alergi bulu hewan. Tapi, itu akan mrmbantu Anda bernapas lebih lega setidaknya saat waktu istirahat.

3. Bersihkan karpet
Jika kamar tidur Anda berkarpet, bersihkan setiap hari. Pakailah masker ketika membersihkannya. Cuci karpet setidaknya seminggu sekali.

4. Keringkan rambut sebelum tidur
Tidur dengan rambut yang lembab atau masih basah akan mengundang kutu dan jamur penyebab alergi di bantal Anda. Jika Anda tak suka memakai hair dryer, biasakan keramas beberapa jam sebelum tidur, agar ketika waktu tidur tiba, rambut Anda sudah kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com