Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2016, 18:09 WIB

KOMPAS.com - Alergi adalah sebuah kondisi di mana tubuh memiliki respon yang berlebihan terhadap suatu zat tertentu. Gejala alergi bisa sangat mengganggu kenyamanan, seperti gatal-gatal, hidung mampat, bersin dan mata berair.

Pada beberapa kasus, alergi berat, terutama yang mengganggu pernapasam, bisa menyebabkan kematian. Redakan gejala-gejala alergi dengan cara yang sederhana di bawah ini, dan sebisa mungkin hindari benda atau zat yang membuat alergi Anda kambuh.

Makan bawang merah dan putih
Keduanya kaya akan quercetin, antioksidan yang mencegah sel melepas histamin. Histamin adalah senyawa nitrogen organik lokal yang terlibat dalam respon imun. Sistem imun akan bereaksi ketika penderita alergi terpapar oleh zat alergen.

Berciuman
Sebuah penelitian baru menemukan, bahwa orang yang menderita gejala alergi memiliki tingkat penanda reaksi alergi yang rendah.

Namun, setelah mereka berciuman bibir dengan mesra, penanda reaksi tersebut meningkat. Bermesraan bisa meringankan peradangan yang disebabkan oleh stres dan mengurangi gejala alergi.

Minum teh hijau
Para peneliti dari Kyushu University di Jepang menemukan, bahwa senyawa dalam teh hijau yang disebut EGCG dapat menghalangi produksi histamin dan IgE yang diproduksi tubuh saat alergi kambih. Anda bisa minum teh hijau hangat, agar gejala alergi segera lenyap.

Bersihkan rumah
Setiap kali Anda masuk rumah, Anda membawa debu dan serbuk sari, yang dapat menyebabkan banyak gejala alergi. "Lepaskan sepatu Anda sebelum atau segera setelah masuk rumah," kata Howard. Sapu dan pel lantai Anda setidaknya sekali sehari.

Komsumsi vitamin C
Vitamin C adalah antihistamin yang telah terbukti secara ilmiah. "Selama musim alergi, saya memberitahu pasien saya untuk mengonsumsi 1.000 sampai 2.000 miligram vitamin C setiap hari," kata Martha Howard, gelar M.D., dokter pemgobatan integratif di Wellness Associates of Chicago.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com