Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/03/2016, 19:11 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Dengan napas sedikit tersengal, Ully Ulwiyah (29) menceritakan perjuangannya melawan kuman tuberkulosis (TB). Kuman itu diam-diam menyerang tubuh Ully yang saat itu masih berusia 10 tahun. Tak ada yang menyadari, batuk-batuk yang tak kunjung sembuh selama berminggu-minggu itu ternyata disebabkan oleh adanya kuman TB.

Batuk yang diderita Ully sempat membaik, tetapi kemudian kambuh lagi. Setelah beberapa tahun kemudian, baru diketahui Ully terkena penyakit tuberkulosis. Ully harus minum obat selama enam bulan.

Setengah tahun bukan waktu yang sebentar untuk menghabiskan semua obat yang diberikan dokter. Ully jenuh dan akhirnya tak tuntas minum obat sampai enam bulan. Apalagi, Ully pun merasa sudah lebih sehat, karena tak lagi batuk-batuk.

Batuknya memang hilang, tetapi kuman TB ternyata hanya istirahat sesaat. Tahun 2006, kuman TB kembali bangun dan menyerang tubuh Ully. Tak hanya minum obat, Ully juga sempat diberi obat suntik selama 2 bulan.

Tahun 2007 awal, Ully bisa bernapas lega karena dokter menyatakan tak ada lagi kuman TB berdasarkan hasil tes dahak. Sayangnya, kesenangan itu tak berlangsung lama. “Tahun 2007 akhir kena lagi, kambuh lagi sampai 2008,” kata Ully. 

Tak selesai sampai di situ, tahun 2009 Ully kembali dinyatakan TB dan dirujuk ke Rumah Sakit Persahabatan untuk pemeriksaan kultur darah dan sputum atau dahak. Pengobatan saat itu masih sulit dilakukan karena Ully sedang hamil 7 bulan.

 

Resistensi obat

Ully rutin menjalani pemeriksaan untuk memastikan masih ada atau tidaknya kuman TB. Harapan kembali muncul ketika Januari 2011, hasil pemeriksaan kultur negatif TB dan ia kembali dinyatakan sembuh.

Tapi, tak lama berselang, tepatnya Maret 2011, Ully menderita radang paru-paru akut dan dirawat di ICU selama 10 hari. Cobaan datang bertubi-tubi. Yang paling mengagetkan, Mei 2011 Ully didiagnosis TB-MDR (multidrug resistant).

“Saya kaget karena hasil pemeriksaan kultur sebelunya kan bagus,” kata ibu tiga anak ini.

TB-MDR merupakan kelanjutan dari penyakit TB yang lebih parah. Jika sudah TB-MDR artinya, bakteri TB dalam tubuh Ully sudah resisten atau kebal terhadap berbagai jenis obat. Resistensi obat TB bisa terjadi, karena sebelumnya tidak patuh dan tuntas minum obat. Ully menyadari itu.

Setelah terkena TB-MDR, Ully harus menjalani perawatan intensif. Pengobatannya menjadi lebih lama dan mahal. Selama 8 bulan, Ully harus menjalani pengobatan suntik setiap hari, ditambah minum obat hingga 13 butir per hari.

“Setiap hari, setiap jam saya batuk. Saya sempat marah, tapi bingung mau marah ke siapa,” kenang Ully.

Obat untuk TB-MDR tentu berbeda dengan TB biasa. Obat TB-MDR memiliki efek samping yang menyakitkan. Efek samping ini sering kali membuat pasien tak kuat menjalani pengobatan.

Setiap hari Ully hanya mampu tidur selama 10 menit. Ia mengalami depresi. Wanita kelahiran 9 Maret 1987 ini kemudian dirujuk ke dokter jiwa untuk diberi obat penenang. Selama satu bulan, ia juga takut masuk ke kamar mandi karena salah satu efek samping obat adalah mual.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com