Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2016, 08:07 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com - Mempelajari puluhan ribu komuter di atas usia 35 tahun, para peneliti dari London School of Hygiene and Tropical Medicine menemukan, orang-orang yang pergi bekerja dengan mengendarai mobil mengalami kenaikan berat badan serta jumlah lemak tubuh yang lebih tinggi, ketimbang mereka yang bekerja dengan berjalan kaki, bersepeda atau menggunakan transportasi umum.

Mereka yang memilih pulang-pergi dengan menggunakan sepeda adalah yang paling ramping dari semua responden, tetapi mereka yang menggunakan kereta juga mampu menurunkan berat badan dan lemak tubuh yang hampir sama dengan pengendara sepeda, ungkap peneliti dalam jurnal The Lancet Diabetes and Endocrinology.

"Kita tahu bahwa olahraga bisa melindungi seseorang dari risiko obesitas dan penyakit kronis. Namun, kita perlu berjuang untuk bisa tetap aktif di padatnya aktivitas kantor," kata pemimpin studi Ellen Flint.

"Studi ini menunjukkan, bahwa orang-orang yang memilih untuk melakukan aktivitas fisik dalam perjalanan ke kantor, memiliki kesempatan besar untuk mendapati berat badan ideal dan komposisi lemak tubuh yang lebih sehat ketimbang mereka yang pulang pergi kantor hanya duduk di mobil.”

Di Amerika, sekitar sepertiga dari orang dewasa mengalami obesitas dan tidak lebih dari 18 persen pekerja yang melakukan perjalanan dengan berjalan atau bersepeda, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Untuk menguji hubungan antara penggunaan transportasi umum dan penurunan berat badan, tim peneliti menggunakan data dari Biobank di Inggris yang melibatkan 157.000 orang dewasa yang dikumpulkan antara tahun 2006 dan 2010.

Kesimpulannya, pria dan wanita yang pulang-pergi untuk bekerja dengan cara apa pun selain mengendarai mobil, memiliki persentase lemak tubuh dan IMT yang lebih rendah ketimbang orang dewasa yang hanya duduk di mobil.

Bahkan, setelah memerhitungkan berbagai karakteristik dan informasi gaya hidup para responden, pengguna aktif transportasi umum paling mungkin untuk menjaga berat badan ideal dan jumlah lemak tubuh yang sehat.

Perbedaan paling besar terlihat antara pengendara sepeda dan pengendara mobil. Rata-rata pria yang bersepeda ke tempat kerja miliki nilai IMT yang lebih kecil dan berat badan yang lebih ringan sekitar 5 kilogram ketimbang pengendara mobil.

Sedangkan, wanita yang bersepeda memiliki berat badan 4 kilogram lebih rendah ketimbang mereka yang pulang-pergi dengan mobil.

"Beralih dari mobil ke transportasi umum memungkinkan kita untuk melakukan lebih banyak aktivitas fisik dalam rutinitas sehari-hari," kata Flint.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com