Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktu Persalinan Lama Bisa Hindarkan Ibu dari Operasi "Caesar"

Kompas.com - 31/03/2016, 15:41 WIB

KOMPAS.com - Setiap ibu hamil tentu mengharapkan persalinan normal yang lancar dan tidak menyakitkan. Terutama bagi ibu hamil yang baru pertama kali melahirkan, pasti ingin persalinannya berjalan cepat dan lancar.

Namun sebuah studi baru dari Thomas Jefferson University, Philadelphia, Amerika, mendapati bahwa kegigihan ibu saat menghadapi persalinan lama, justru bisa menjadi bekal untuk menghindari operasi caesar.

Para peneliti menemukan, bahwa pada ibu hamil yang diberi waktu lebih lama untuk bersalin daripada waktu yang disarankan, tingkat kemungkinan dilakukan operasi caesar menurun hingga 55 persen.

Peneliti membiarkan perempuan yang mengalami bukaan lebar untuk bersalin selama empat jam setelah menerima satu suntikan epidural (biasanya tiga suntikan) sebelum menelepon dokter.

"Ini memang studi kecil (hanya diikuti 78 ibu hamil yang melahirkan pertama kali), sehingga perubahan formal dalam aturannya harus didasarkan pada sampel ibu hamil yang lebih besar," ujar pemimpin studi Alexis C. Gimovsky, MD, sambil menjelaskan bahwa kebanyakan dokter mengikuti aturan dua jam bagi ibu hamil yang memilih untuk mendapatkan epidural, dan tiga jam setelah suntikan yang pertama.

“Namun studi ini menunjukkan, bahwa apa yang kami observasi dalam praktik, ada keuntungannya membiarkan perempuan bersalin lebih lama," tambahnya.

Menurut para peneliti, sekitar 32 persen dari persalinan di Amerika dilakukan melalui operasi caesar, dan 10-15 persen di antara mereka disebabkan karena menaati aturan dua jam melahirkan.

Saat ini, tidak ditemukan sisi buruk dari menunggu waktu bersalin lebih lama. Tidak ada konsekuensi kesehatan baik bagi ibu maupun sang bayi, yang disebabkan karena waktu persalinan lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com