Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muda, Bugar, dan Sehat, tetapi Didiagnosis Kanker

Kompas.com - 05/04/2016, 20:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Mirror

KOMPAS.com — Natasha Wood tak pernah menyangka didiagnosis memiliki kanker usus. Selama ini, ia merasa sudah menjalani hidup sehat. Beberapa tahun belakangan, ia aktif berolahraga.

Agustus lalu, ia bersepeda 312 mil (setara 502 km lebih) dari Rumah Sakit Newcastle Freeman ke London dalam rangka mengumpulkan dana untuk ayahnya, Andrew, yang dirawat karena kelainan jantung bawaan. Natasha juga berenang 2 mil (3,2 km) di Danau Windermere, berlari maraton, dan bermain kayak di Skotlandia.

"Saya fit dan sehat tahun lalu, bagaimana saya bisa terkena kanker usus pada usia 30 tahun?" kata Natasha seperti dikutip Mirror.co.uk.

Mulanya, Natasha hanya merasa kram di perutnya dan juga diare. Ia berpikir, rasa sakitnya karena stres menghadapi pekerjaan dan gangguan pencernaan. Natasha kemudian pergi ke dokter ditemani kekasihnya, Dominic Mander (33).

Setelah pemeriksaan, ia dibawa ke ruang konsultasi. Hasilnya, dokter menyatakan bahwa Natasha terkena kanker usus dan sudah berukuran 7 cm.

"Saya masih muda, bugar, dan sehat. Bagaimana ini bisa terjadi?" ucap Natasha. Pertanyaan itu terus muncul di pikirannya. Berulang kali, ia mencoba menerima diagnosis kanker usus.

Natasha sangat takut memberi tahu kedua orangtuanya, Andrew dan Susan. Selain itu, ia juga harus meminta saudara perempuannya, Madeleine dan Chantal, untuk melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan terhadap saudara kandung diperlukan untuk mengetahui apakah kanker usus yang diderita Natasha diturunkan secara genetis.

Hal lain yang membuat dirinya ketakutan adalah saat pemeriksaan CT scan untuk melihat apakah kanker menyebar ke organ lain. Tumor ganas itu akhirnya diangkat dengan operasi minimal invasif selama 4 jam dan juga di bagian kelenjar getah bening.

Tak hanya itu, Natasha juga harus menjalani 12 kali kemoterapi. Kemoterapi di usia subur membuat Natasha cemas karena akan memengaruhi kesuburannya. Terlebih lagi, saat itu, ia dan Dominic berencana untuk menikah.

Akhirnya, Natasha mengikuti program bayi tabung dengan simpan beku sel telur sebelum kemoterapi. Selesai pengobatan, Natasha bisa menjalankan program bayi tabung.

Natasha mengungkapkan, kanker usus bisa terjadi karena faktor usia, riwayat keluarga, atau pernah terdapat polip di usus. Siapa pun bisa terkena kanker.

"Saya adalah contoh utama. Anda tidak pernah terlalu muda atau terlalu fit untuk terkena kanker usus," kata Natasha.

Menurut dia, pencegahan terbaik adalah konsumsi makanan yang sehat, lebih banyak ikan dan serat, kurangi junk food, tidak merokok dan minum alkohol, serta olahraga teratur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com