Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/04/2016, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Orang di seluruh dunia yang dapat hidup lama, alias panjang umur, salah satunya dipengaruhi oleh perubahan gaya hidup. Menurut CIA World Factbook, harapan hidup dihampir setiap negara meningkat selama beberapa dekade. Tapi tahukan Anda negara mana saja yang memiliki harapan hidup terlama?

1. Jepang

Negara ini banyak memiliki centenarian (orang yang hidup selama 100 tahun atau lebih). Ada lebih dari 58.000 orang Jepang yang lebih tua dari 100 tahun. Hal ini membuat Jepang sebagai negara terbanyak yang masyarakatnya hidup lebih dari 80 tahun. Pulau kecil di Jepang, Okinawa, merupakan salah satu zona biru (daerah yang memiliki harapan hidup tinggi).

Penduduknya rajin berjalan di pagi hari atau mengajar karate. Sehingga membuat mereka tetap aktif secar fisik. Mereka pun banyak megonsumsi makanan sehat seperti nasi, tofu, tunas bambu, rumput laut, hingga acar.

2. Monaco

Penduduk pada negara ini mampu mampu untuk mencari dan mengonsumsi makanan sehat. Mereka juga rutin berolahraga, dan tidak merasa stres pada isu-isu yang terjadi tiap harinya. Dengan letak negaranya yang berbatasan dengan laut Mediterania, membuat penduduk negara ini banyak makan ikan, buah-buahan, dan sayuran. Penelitian menunjukkan, kalau diet mediterania adalah salah satu diet sehat yang pernah ada.

3. Singapura

Harapan hidup pada negara kecil ini rata-rata mencapai 84,68 tahun. Negara ini memiliki ekonomi yang kuat, sehingga memiliki sistem kesehatan yang sangat efisien. Upaya yang dimasukkan kedalamnnya seperti pencegahan awal, deteksi penyakit kronis, serta pengawasan yang ketat oleh dokter. Penduduknya juga mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan antioksidan.

4. Italia

Negara ini memiliki harapan hidup rata-rata 82,12 tahun. Harapan hidup yang tinggi di negara ini disebabkan karena kemiskinan yang semakin sedikit dibandingkan negara lain. Standar hidup di negara ini telah meningkat pada semua orang. Sehingga penduduknya mampu membeli makanan yang lebih baik. Zona biru di negara itu terletak di pulai Sardinia.

Orang tua hidup dengan bahagia karena mereka merasa dihargai. Kunci panjang umur di pulai ini yaitu, menempatkan keluaga sebagai prioritas utama, berjalan lebih dan tertawa dengan teman-teman.

5. Yunani

Rata-rata harapan hidup pada negara ini sebesar 80,43 tahun. Zona biru pada negara ini terletak di pulau Ikaria. Di sana, penduduk setempat hidup santai. Mereka tidur siang, tidak terburu-buru, dan aktif dalam kehidupan sosial. Mereka juga mengonsumsi makanan sehat yang banyak terdiri dari sayuran serta minyak zaitun.

Makan siang penduduknya hampir selalu mengandung kacang, kentang, dan sayuran. Sedangkan makan malamnya terdiri dari roti dan susu kambing. Penduduk setempat juga banyak mengonsumsi teh herbal yang mengandung antioksidan.  Artikel dalam New York Times menyebut pulai ini dengan sebutan “Pulau di mana orang lupa untuk mati”.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com