Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minumlah Kopi Sebelum Ikut Pertandingan Lari

Kompas.com - 14/04/2016, 11:43 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com — Minum kopi sebelum pergi ikut kompetisi lari sepertinya membantu atlet lari lebih lama dan kencang. Ternyata, menurut hasil studi, kafein dalam kopi itu memang meningkatkan performa atlet.

Namun, sebaiknya, minumlah kopi pada waktu yang tepat. Sebuah hasil studi menunjukkan, waktu terbaik minum kopi untuk meningkatkan performa adalah sejam sebelum lari.

Hati-hati pula untuk tidak kebanyakan minum kopi. Hasil riset menunjukkan, tiga hingga enam miligram kafein per kilogram berat badan adalah yang dibutuhkan untuk meningkatkan performa. Semakin tinggi dosis, ternyata hal itu tidak bermanfaat dan malah merugikan karena membuat deg-degan, pening, dan cemas.

Kopi juga tidak terbukti membuat kita jadi dehidrasi saat olahraga. Menurut hasil studi, minum sekitar lima cangkir kopi tidak ada hubungannya dengan dehidrasi. Namun, kopi cenderung membuat "segalanya berjalan cepat" dan bikin buang air kecil sebelum lari. Oleh karena itu, cepat-cepat pasok kembali air yang hilang dengan minum cairan elektrolit.

Kita juga tak perlu menelan kafein untuk mendapatkan manfaatnya. Sebuah hasil studi dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism menunjukkan, reseptor di mulut dapat merasakan keberadaan kafein dan tetap meningkatkan performa saat olahraga, meskipun kita tak menelan kopi. Ini bisa dilakukan ketika pelari harus menempuh jarak amat jauh dan belum ingin menelan apa pun.

Kopi juga dapat membantu saat pemulihan setelah olahraga. Satu studi dilakukan terhadap pesepeda yang menempuh jarak jauh selama dua hari berturut-turut dan dalam keadaan kekurangan glikogen. Mereka yang meneguk minuman pemulih mengandung karbohidrat dan kafein membentuk cadangan glikogen 66 persen lebih banyak dibandingkan yang hanya minum karbohidrat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com