Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/04/2016, 22:03 WIB

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Jangan menilai ukuran penis dalam kondisi tak ereksi. Pasalnya, penis yang terlihat kecil ketika sedang "terlelap" justru bisa memberi kejutan.

Pakar andrologi dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, dr Heru Oentoeng, Sp And, menjelaskan bahwa ukuran penis dalam kondisi tak ereksi bisa menipu. Sebab, ada dua tipe penis, menurut tampilannya, ketika sedang tak ereksi.

Yang pertama tipe shower alias tukang pamer. Mr P seperti ini menang di tampilan ketika sedang "terlelap". Secara fisik, bentuknya terlihat panjang dan besar. Namun, ketika ereksi, pertambahan panjangnya tak signifikan.

"Misalnya, ketika belum ereksi, ukurannya mencapai 8 sentimeter. Ketika ereksi, panjangnya 12 sentimeter. Jadi, 'hanya' bertambah 4 sentimeter. Tak signifikan," kata Heru.

Sementara itu, tipe grower itu pemalu, tetapi penuh kejutan. Ketika "terlelap", panjangnya mungkin 4-5 sentimeter. Namun, pertambahan panjangnya signifikan ketika ereksi.

"Bisa jadi, ketika ereksi, panjangnya malah mencapai 15 sentimeter. Nambahnya banyak, kan," ujar Heru.

Penjelasan Heru didukung oleh data ilmiah dan jurnal medis yang kredibel. Salah satunya dari Journal of Sex Research bahwa ukuran penis sesungguhnya tak bisa diukur ketika sedang "terlelap". Ukurannya harus diukur dalam keadaan ereksi.

Lebih jauh, menurut jurnal tersebut, secara umum, tipe shower dan grower memiliki panjang yang tak jauh berbeda ketika sudah ereksi. Misalnya, si shower 14,5 sentimeter, dan si grower 15 sentimeter.

Yang jelas, penis tipe grower belum tentu kalah oleh tipe shower. Bahkan, sangat mungkin terjadi sebaliknya, tipe shower kalah oleh tipe grower.

"Untuk para pria, jangan minder kalau melihat tipe shower. Untuk para wanita, jangan terbuai oleh tampilan tersebut," imbuh Heru. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com