Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/04/2016, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Tak ada yang lebih membuat frustasi selain perut terasa mulas, lalu ketika Anda duduk di toilet lama, tetap saja tak terjadi apa-apa.

Sembelit atau keluhan susah buang air besar merupakan gangguan pencernaan yang paling banyak diderita. Mengonsumsi cukup serat merupakan salah satu cara untuk membuat pergerakan usus untuk mencegah sembelit.

"Anda butuh serat dari pola makan untuk membuang sisa makanan ke saluran cerna," kata Sharon Palmer, ahli gizi.

Selain itu, konsumsi cukup air putih untuk membuat tinja lebih lembek sehingga mudah melewati usus besar.

Jika Anda sering merasa tidak nyaman karena sering sembelit, cobalah mengubah pola makan dengan menambahkan bahan makanan sumber serat berikut ini:

- Brokoli
Sayuran yang satu ini memang sering masuk dalam daftar makanan yang direkomendasikan. Ini karena brokoli merupakan sumber dari protein, vitamin, juga mineral. Rutin mengonsumsi brokoli juga menyehatkan saluran cerna karena dalam takaran satu cangkir terdapat 5,5 gram serat.

- Oatmeal dan serelia utuh
Oat merupakan sumber serat larut yang membantu melarutkan air, membuat tinja lebih lunak dan membuatnya mudah melewati usus. Oatmeal dan serelia utuh lainnya juga meningkatkan volume tinja dan membuatnya bergerak.

- Bayam
Satu cangkir bayam mengandung empat gram serat serta magnesium, mineral yang dapat meningkatkan pergerakan tinja. Magnesium juga bisa kita temukan dalam obat pencahar.

- Kacang-kacangan
Sertakan kacang-kacangan, mulai dari almond, kacang tanah, atau walnut, dalam daftar camilan Anda. Selain mengandung protein dan lemak sehat, setengah cangkir kacang-kacangan juga mengandung serat cukup tinggi.

- Buah berri
Jenis buah berri, seperti blackberri, stroberi, dan raspberri juga mengandung serat yang baik. Anda juga dapat mencampurkan buah-buahan yang kaya antioksidan ini dalam sereal serelia utuh atau es krim rendah lemak.

- Buah pir dan apel
Satu buah pir berukuran sedang yang dimakan dengan kulitnya mengandung 5,5 gram serat. Sementara itu, apel yang dimakan dengan kulitnya mengandung 3,6 gram serat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com