Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2016, 10:14 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri daging merah adalah sumber zat besi yang sangat baik. Jika tak suka atau sedang mengurangi asupan daging, makanan dari sumber nabati ini sejatinya juga sumber zat besi yang baik.


1. Edamame
Kedelai Jepang ini sehat dan bergizi. "Edamame merupakan protein yang memberi 40 persen kebutuhan zat besi dalam satu cangkir," kata Elizabeth Shaw, MS, R.D.N, C.L.T.

2. Bayam
Sayuran berdaun hijau seperti bayam kaya akan zat besi. Satu cangkir bayam ditumis dengan minyak zaitun meningkatkan kadar zat besinya. Satu cangkir bayam mentah mengandung satu miligram besi sementara bayam matang memberikan enam kali lipat.

3. Gandum utuh
Pasta dan roti gandum biasanya juga mengandung zat besi. Tambahkan kacang-kacangan dan sayuran hijau untuk menambah asupan zat besi.

4. Tahu
Tahu tidak hanya kaya protein. "Tahu juga sumber zat besi yang baik," kata Kara Lydon, RD, LDN, RYT, blogger di The Foodie Dietitian. "Sekitar 100 gram tahu mengandung 6,4 mg zat besi, 36 persen kebutuhan harian Anda," katanya.

5. Brokoli
"Menambahkan sayuran hijau brokoli ke piring tak hanya memberikan vitamin dan mineral tapi juga menambah asupan besi. Satu mangkuk brokoli masak mengandung 1 mg zat besi, vitamin C dan serat," kata Natalie Rizzo, MS, RD, pemilik Nutrition a la Natalie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com