Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Orang di Spanyol Terinfeksi Virus dari Air Kemasan

Kompas.com - 27/04/2016, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Ribuan orang di Spanyol baru-baru ini menderita sakit akibat virus yang diduga kuat berasa dari air dalam kemasan botol.

Departemen kesehatan di Catalonia, Spanyol, mengatakan lebih dari 4.100 orang di wilayah itu menderita muntah-muntah dan diare yang merupakan gejala dari "kuman perut" novorius.

Penyakit tersebut terkait dengan air dalam galon yang terkontaminasi di kantor. Air tersebut juga didistribusikan ke ribuan perusahaan di kota Barcelona dan Tarragona.

Norovirus adalah penyebab tersering penyakit yang bersumber dari makanan tercemar, dan juga bisa mengontaminasi air minum. Meski begitu, kasus di Spanyol merupakan pertama kali virus ini ditemukan di air kemasan.

"Ada kemungkinan norovirus mencemari sumber air tersebut," kata Benjamin Chapman, pakar keamanan pangan dari North Carolina State University.

Dalam kasus tersebut, air pegunungan yang dipakai berasal dari Andorra, desa kecil yang berlokasi di pegunungan Pyrenees antara Spanyol dan Perancis.

Norovirus menyebar melalui tinja. Pada wabah sebelumnya, air minum bisa tercemar ketika ada bocoran limbah yang masuk ke sumber air. Chapman menjelaskan, air bisa menjadi sumber patogen yang baik.

"Karena wabah di Spanyol ini terbilang besar, kemungkinan memang berasal dari sumber air," kata Chapman. Meski begitu, bisa juga pencemaran terjadi di pabrik pengemasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com