Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2016, 13:19 WIB

TANYA:
Halo dok, saya memiliki keluhan gigi sering ngilu sehingga tak bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin. Sebenarnya apa penyebab rasa sakit yang gigi saya alami itu. Perlukah saya konsultasi ke dokter gigi? Sejauh ini tidak ada gigi saya yang bolong.
Felicia (35), Jakarta

JAWAB:
Halo Mbak Felicia,
Jika Anda memiliki keluhan gigi ngilu sampai tidak dapat mengonsumsi makanan atau minuman dingin, namun tidak ada gigi yang berlubang, kemungkinan Anda mengalami hipersensitivitas gigi.

Hipersensitivitas gigi (dentin) didefinisikan sebagai nyeri tajam dan pendek yang disebabkan oleh dentin yang terbuka dan berespons terhadap rangsangan termal, kimia, taktil atau osmotik. Rentang usia penderita hipersensitivitas dentin adalah 20 sampai 40 tahun, dengan puncaknya pada usia 30 tahun. Lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan pria.

Bagian gigi yang biasanya mengalami hipersensitivitas adalah bagian leher gigi yang menghadap pipi pada seluruh gigi permanen, terutama pada gigi taring dan gigi geraham kecil (premolar).  

Penyebab utama hipersensitivitas dentin adalah tubuli dentin yang terbuka akibat penurunan gusi atau hilangnya lapisan terluar gigi yaitu email. Penurunan gusi ini disebabkan oleh berbagai hal antara lain: teknik menyikat gigi yang salah, penggunaan tusuk gigi, makan makanan yang terlalu keras, teknik penggunaan benang gigi yang salah, dan sebagainya.

Sedangkan penyebab hilangnya email gigi antara lain: mengerot-ngerot gigi, teknik menyikat gigi yang kurang tepat, dan konsumsi minuman dan makanan terlalu asam.

Perawatan pada kasus ini dapat dilakukan melalui 3 cara, yaitu penggunaan pasta gigi yang mengandung Fluor, Stronsium klorida, atau Potasium nitrat; Pengaplikasian bahan pengurang rasa sensitif pada gigi oleh dokter gigi; mengedukasi pasien (kontrol diet, memperbaiki teknik menyikat gigi, menjaga kebersihan rongga mulut).

Kemungkinan lain untuk gejala yang mirip dengan yang Anda alami adalah gigi retak atau pecah, gigi rempil, gigi berlubang, dan gangguan pada email lainnya. Segera kunjungi dokter gigi untuk penegakkan diagnosa dan penentuan rencana perawatan yang tepat.

Demikian Mbak Felicia, semoga informasinya bermanfaat.
Salam gigi sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com