Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2016, 18:03 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Banyak makanan yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Beberapa di antaranya paling menguntungkan bila dimakan mentah:

 

Kale dan Bayam
Kale dan bayam membantu menjaga kulit karena mengandung fitonutrien yang memberikan perlindungan ekstra dari kerusakan sinar matahari. Bayam sangat baik karena sarat dengan nutrisi beta-karoten dan lutein, yang telah terbukti untuk meningkatkan elastisitas kulit.

Tip: Cobalah untuk mengonsumsi sekitar tiga cangkir sayur berdaun hijau perminggu.

 

Kenari dan Pistachio
Kenari dan pistachio merupakan sumber yang kaya vitamin B dan E yang membantu melindungi terhadap kerusakan sel.

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang melawan radikal bebas dan oksidasi yang menyebabkan penuaan prematur. Sementara vitamin B membantu membuat kulit bercahaya.

Tip: Pasangkan kacang dengan sumber karbohidrat yang sehat seperti buah untuk membantu pencernaan dan proses pemecahan gula.

 

Beri dan Sitrus
Beri sarat dengan antioksidan serta serat, untuk membantu menghilangkan racun penyebab jerawat. Buah jeruk banyak mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang juga meningkatkan produksi kolagen untuk kulit yang lembut dan lentur.

Tip: Salad jeruk segar dan berry adalah makanan perawatan kecantikan.

 

Apel
Seperti jeruk, apel juga tinggi vitamin C yang bermanfaat untuk produksi kolagen. Tembaga dalam apel membantu produksi melanin, pigmen pada kulit yang bekerja sebagai pelindung matahari alami.

Tip: Tambahkan apel cincang pada salad atau yoghurt.

 

Susu almond
Susu kacang almond sangat bagus untuk kulit Anda karena mengandung zat yang meningkatkan produksi tembaga sebagai kolagen alami, sama halnya dengan mangan mineral, untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan UV.

Tip: Konsumsi susu almond seperti secara teratur atau tambahkan pada sereal, atau dicampur dengan buah kemudian dibekukan menjadi smoothie bergizi tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com