Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2016, 17:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Alunan musik tak hanya enak didengar dan menenangkan. Bagi bayi, musik bermanfaat untuk perkembangan otaknya.

Menurut para ahli, pola berirama dalam musik dapat meningkatkan kemampuan bayi dalam berbicara. Seperti musik, bahasa memiliki pola ritmis yang kuat sehingga membantu meningkatkan kemampuan identifikasi perbedaan suara yang akan membantu bayi belajar berbicara.

Para peneliti dari Universitas Washington menemukan, bayi 9 bulan yang diperkenalkan dengan musik memiliki peningkatan kemampuan pengolahan otak.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Prosiding National Academy of Sciences ini mengamati bayi-bayi selama 15 menit dalam kurun waktu sebulan. Ada 20 bayi yang bermain dengan musik bersama orangtuanya. Kemudian 19 bayi melakukan permainan tanpa musik.

Peneliti kemudian melihat perbedaan aktivitas otak bayi yang diperdengarkan dengan musik dan tidak. Bayi yang mendengarkan musik memiliki respon otak yang lebih kuat pada pendengarannya. Jjika terjadi gangguan dalam irama musik, bayi akan merespon.

Penulis studi T. Christina Zhao. University of Washington's Institute for Learning & Brain Sciences mengatakan, penelitiannya ini menunjukkan pola ritmis dalam musik dapat meningkatkan kemampuan bayi untuk berbicara.

Para ahli mengatakan, mendengarkan musik maupun memainkan alat musik pada bayi juga akan meningkatkan keterampilan kognitif yang lebih luas. 

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan, suara musik yang diperkenalkan pada bayi saat masih dalam kandungan bisa menstimulasi pendengaran bayi. Selain itu, mendengarkan musik yang pelan juga dipercaya membuat bayi menjadi lebih tenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com