Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2016, 18:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com

Tapi, selain menjaga kadar kolesterol Anda tetap di batas normal dan berolahraga secara teratur, ada penyebab lain serangan jantung. Simak enam pemicu serangan jantung di bawah ini, yang meskipun kurang umum terjadi tapi patut Anda ketahui.

 

Makan berat yang tidak biasa
Makan berat di luar kebiasaan walau hanya sekali, sebaiknya dihindari . Sebuah studi terbaru yang menganalisa 1.986 pasien serangan jantung mengungkapkan bahwa 158 dari mereka, ternyata makan luar biasa banyak hanya 25 jam sebelum serangan.

Diduga, hal tersebut disebabkan oleh meningkatnya tingkat insulin yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Bagaimana cara menghindari risiko itu? Perhatikan tanda-tanda ketika tubuh Anda memberikan sinyal. Jika Anda mulai merasa kenyang, adalah ide yang baik untuk berhenti makan.

 

Pagi hari
Percaya atau tidak, seseorang berisiko mengalami peningkatan serangan jantung di pagi hari. Ini mungkin karena darah dan pembuluh darah lebih tebal di pagi hari, menyebabkan darah lebih kental atau membeku.

Cara terbaik untuk menghindari serangan jantung pagi- adalah dengan mengonsumsi obat pengencer darah sebelum pukul 06 pagi.

 

Flu biasa
Komplikasi seperti pneumonia dan dada kemacetan terkait dengan flu atau pilek dapat membuat sulit bagi paru-paru untuk menyerap oksigen secara efisien.

Hal ini menyebabkan jantung bekerja lebih keras dan dapat mengakibatkan gangguan yang berhubungan dengan stres.

Siapapun dengan tekanan darah tinggi atau yang berisiko serangan jantung seseorang tidak harus mengambil dekongestan karena mereka meningkatkan tekanan darah tubuh.

Jika Anda mendapatkan dingin jahat, mencoba untuk mengurus diri sendiri dengan tidur dengan baik, menggunakan dehumidifier di malam hari, dan minum minuman panas. daun teh licorice juga alternatif yang baik untuk dekongestan.

 

Berat atau biasa Aktivitas Fisik
Meskipun latihan fisik penting, berlebihan tidak disarankan. Setiap musim dingin, ribuan terluka dari kegiatan menyekop tanah dan sebagian besar cedera ini terkait jantung.

Aktivitas berat dapat menyebabkan kekurangan napas, mengurangi aliran oksigen ke aliran darah, dan meletakkan beban pada jantung. Jadi, tetap sehat, tapi tidak latihan terlalu ketat. Jika Anda merasa diri Anda menjadi sesak napas saat melakukan aktivitas, istirahatlah sebelum melanjutkan.

 

Macet
Sebuah risiko yang lebih tinggi dari kecelakaan mobil, bukan satu-satunya karena lalu lintas tidak aman. Sebuah studi baru-baru menemukan korelasi antara kemacetan lalu lintas, polusi udara, dan serangan jantung, peningkatan paparan polusi udara sebagai penyebab yang dicurigai.

Para ilmuwan mewawancarai korban serangan jantung menemukan bahwa orang terjebak dalam kemacetan lalu lintas sekitar tiga kali lebih mungkin untuk menderita serangan jantung daripada mereka yang tidak.

Jika Anda berada pada risiko tinggi serangan jantung, Anda dapat mencoba untuk menurunkan eksposur polusi dengan menutup jendela sementara di jalan.

 

Cuaca dingin
Mereka yang memilih bersarang di Florida untuk musim dingin melakukannya untuk alasan yang baik. Ketika tubuh menjadi dingin, tekanan darah naik dan mempercepat laju jantung untuk meningkatkan aliran oksigen ke dalam darah.

Ini mungkin bermanfaat dalam mencegah radang dingin, tetapi dapat menimbulkan stres bagi jantung. Jika Anda tinggal di iklim dingin, biarkan diri menikmati kemewahan dalam ruangan pemanas yang memadai dan bungkus tubuh sebelum Anda pergi keluar.

 

Serangan jantung tidak hanya dicegah dengan mengontrol kadar kolesterol. Tapi, juga dengan menjaga penyebab serangan jantung lainnya , serta menjaga gaya hidup yang sehat moderat, jantung Anda akan “melayani” dengan baik seumur hidup Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com