Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/05/2016, 13:15 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Jika sakit kepala sudah mengganggu kehidupan Anda dan menyebabkan rasa sakit kronis, jangan enggan untuk segera mendapatkan bantuan medis. Berikut beberapa gejala sakit kepala yang sebaiknya ditangani oleh dokter:

 

  • Apapun jenis sakit kepala yang Anda alami, baik karena tegang, sakit kepala migrain, atau sakit kepala cluster, Anda perlu memeriksakan ke dokter bila obat biasa sudah tak ampuh lagi, sehingga Anda mengambil dosis yang lebih tinggi. Bertujuan untuk menghindari efek samping, seperti perdarahan atau kerusakan hati, jika dikonsumsi dalam dosis tinggi atau terlalu sering.

 

  • Rasa sakit kepala membuat Anda kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari, seperti kesulitan berjalan, membuat Anda tak nafsu makan, hilang konsentrasi selama lebih dari 2 hari.

 

  • Sakit kepala semakin buruk dari waktu ke waktu. Dokter dapat meresepkan obat berbeda untuk mengontrol sakit kepala sesuai pemicunya, bahkan untuk mencegah rasa sakit itu datang kembali.

 

  • Sakit kepala Anda yang berkaitan dengan kondisi neurologis lain seperti kejang. Ditakutkan pasien mengalami pendarahan dalam otak yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah.

 

  • Sakit kepala berkaitan dengan kelemahan otot atau mati rasa di anggota tubuh, perubahan sikap, perubahan kemampuan bicara, atau perubahan penglihatan. Ini bisa menjadi tanda stroke atau tumor otak dan harus diperiksa oleh seorang profesional medis.

 

  • Sakit kepala yang timbul setelah terjadi benturan atau pukulan.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com