Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/05/2016, 14:11 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian besar dari kita menyadari bahwa kita perlu beberapa nutrisi dasar seperti kalsium, vitamin D, vitamin C. Tapi, kita tidak selalu sadar beberapa elemen yang lebih kompleks, seperti kolagen, juga diperlukan oleh tubuh.

 

Kolagen adalah protein yang paling berlimpah dalam tubuh kita dan sangat penting untuk sejumlah fungsi yang berbeda.

 

Jika Anda ingin meningkatkan fungsi keseluruhan tubuh dan meningkatkan kesehatan Anda, maka Anda harus mempertimbangkan untuk meningkatkan asupan kolagen setiap hari.

 

Apa itu kolagen?

Kolagen adalah protein berserat larut yang sepertiganya terdiri dari protein. Kolagen adalah asam amino rantai panjang yang terdiri dari individu asam amino glisin, prolin, hidroksiprolin, dan arginin.

 

Setidaknya ada 16 jenis kolagen dalam tubuh. Komponen ini paling sering ditemukan pada kulit, tulang, dan jaringan ikat tubuh.

 

Kolagen membantu membentuk dukungan struktural dan kekuatan otot dan tulang. Juga menciptakan elastisitas bagi kulit Anda dan memberikan kontribusi untuk pengembangan pertumbuhan sel baru untuk menggantikan yang lama dan sel-sel mati. Beberapa bentuk kolagen juga berfungsi melindungi organ-organ di seluruh tubuh.

 

Apakah Manfaat utama dari Kolagen?

Jelas kolagen merupakan komponen penting bagi tubuh. Kolagen memiliki kontribusi signifikan dalam empat bidang utama. Kolagen memiliki manfaat utama untuk kulit, sendi, perut, dan nafsu makan.

1. Kulit

Sementara kolagen bermanfaat bagi seluruh tubuh, manfaatnya yang paling nyata ada pada kulit. Sejalan usia, kulit kita cenderung menipis dan kehilangan elastisitas melalui proses yang dikenal sebagai elastosis.

 

Elastosis memunculkan banyak tanda-tanda penuaan, termasuk kulit keriput dan kendur. Kolagen dapat membantu membalikkan tanda-tanda penuaan dan meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit.

 

2. Sendi

Meskipun tidak secara lahiriah terlihat, kesehatan sendi juga dipengaruhi oleh konsumsi harian kolagen. Dengan cara yang sama dengan cara nutrisi ini meningkatkan elastisitas kulit, kolagen juga mendukung kesehatan sendi.

 

Mengonsumsi suplemen kolagen penting untuk sendi untuk melumas bantalan sendi. Plus, meningkatkan mobilitas sendi dan bahkan dapat mengurangi peradangan yang berkontribusi terhadap nyeri sendi.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com