Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/05/2016, 07:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa orang benci bangun pagi dan memilih untuk bangun lebih siang. Namun, ada baiknya untuk menghilangkan prilaku itu dan mengubahnya sekarang juga. Pasalnya, bangun pagi terbukti mampu meningkatkan kesehatan.

"Bangun pagi membuat manusia lebih konsisten dengan siklus jam biologisnya," kata Alcibiades J. Rodriguez, MD, asisten profesor, Departemen Neurologi, NYU Langone Comprehensive Epilepsy Center-Sleep Center.

"Sinar matahari adalah stimulan paling kuat dalam memberi energi dan meningkatkan mood Anda, sehingga Anda bisa memulai aktivitas dengan tubuh Anda lebih segar."

Bangun lebih awal mungkin tidak langsung menyebabkan adanya perbaikan kesehatan, tapi dapat membantu orang beradaptasi pada kebiasaan sehat yang dapat membantu meningkatkan kehidupan mereka secara keseluruhan.

"Saya menemukan bahwa orang yang bangun pagi lebih mampu membuat pilihan hidup yang lebih sehat," kata Jeff Sanders, penulis buku The 5 AM Miracle.

"Mereka lebih cenderung untuk berolahraga di pagi hari, makan sarapan yang sehat, dan memiliki waktu untuk membaca, yoga, doa, meditasi, atau kebiasaan sehat lainnya."

Jika Anda sedang mencari alasan untuk mulai bangun pagi, berikut enam manfaat kesehatan yang dapat dijadikan pertimbangan.

 

1. Anda Akan Terpancing untuk Berolahraga

Menurut Women's Health, sebuah studi yang disajikan dalam pertemuan tahunan Associated Professional Sleep Societies LLC menemukan bahwa bangun pagi cenderung untuk tidak melewatkan olahraga.

"Seperti yang terjadi pada diri saya, klien saya, dan orang yang bangun pagi lainnya. Jika tidak berolahraga di pagi hari, secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk tidak berolahraga sama sekali," kata Sanders.

"Jadi, membiasakan diri untuk berolahraga rutin setiap pagi akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan energi, kekuatan, dan banyak lagi."

 

2. Sarapan Lebih Baik

"Jika pernah bangun kesiangan, Anda pasti lebih memilih untuk mengambil donat sebagai bekal perjalanan bukannya mempersiapkan sarapan sehat," kata Sanders.

"Bangun pagi cenderung memberi cukup waktu untuk mempersiapkan sarapan yang menjadi sumber nutrisi dan energi."

Satu penelitian dari Northwestern University menemukan bahwa orang yang tidur larut malam akan makan dua kali lebih banyak makanan cepat saji dan setengah jumlah buah-buahan dan sayuran dibanding orang yang tidur lebih awal.

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com