Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga bersama Teman Bikin Tubuh Lebih Bugar

Kompas.com - 09/05/2016, 14:05 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Selebriti seperti Reese Witherspoon dan Naomi Watts telah merasakan banyak keuntungan sehat setelah memutuskan untuk berlatih yoga bersama-sama.

 

Para ahli kebugaran berpendapat, berolahraga bersama dengan seorang teman adalah cara yang bagus untuk tetap termotivasi, mencapai tujuan kebugaran lebih mudah, hingga membuat sesi olahraga terasa lebih menyenangkan.

 

Berikut sejumlah alasan untuk segera mencari teman untuk pergi ke gym:

 

1. Bugar lebih cepat.
Jangan khawatir jika teman olahraga sudah lebih berpengalaman. Kondisi tersebut justru menguntungkan, sebab dapat mendorong Anda untuk berolahraga lebih keras, yang berarti Anda akan melihat hasil olahraga lebih cepat juga.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Annals of Behavioral Medicine, wanita akan lebih baik dalam melakukan aerobik, seperti bersepeda, ketika mendapati rekan wanita mereka juga ikut termotivasi untuk melakukan olahraga yang sama.

 


2. Anda akan lebih termotivasi untuk berolahraga.
"Memiliki pasangan pasti memotivasi Anda," kata Rebecca Goldstein, mantan atlet dan direktur klinis di Terapi Fisik Profesional di New York City mengatakan kepada The Huffington Post.

Olahraga dengan pasangan bisa "mengalihkan” perhatian tentang “sudah berapa lama Anda berlari di treadmill” misalnya.

Joe Ardito, pendiri FitCrush di New York City, setuju dengan pendapat ini. "Anda berdua dapat saling menantang dan mendorong satu sama lain, dan selalu ada untuk membantu satu sama lain."

 


3. Lebih sulit untuk “absen”.
Membuat rencana dengan teman untuk mengikuti kelas yoga atau berlari bersama-sama membuat Anda lebih sulit untuk membatalkan janji tersebut walau ada aktivitas lain yang terasa lebih menyenangkan. Sehingga, kemungkinan Anda untuk “bolos” olahraga menjadi berkurang.

 

4. Anda akan belajar hal-hal baru.
Berolahraga dengan teman adalah cara yang baik untuk mengubah rutinitas di gym dan belajar gerakan baru.

Sehingga, ini akan menjadi “penyegaran” yang baik dan menjauhkan Anda dari rasa jenuh karena selalu melakukan olahraga yang sama di gym.

 


5. Berolahraga dengan pasangan dapat memperkuat jalinan cinta.
"Tampaknya tak ada yang lebih romantis ketimbang olahraga dengan dengan pasangan yang penuh dukungan dan semangat untuk meraih tujuan sehat bersama," kata Shane Allen, seorang personal trainer dan ahli gizi olahraga kepada The Active Times.

"Beberapa pasangan yang paling romantis yang pernah kulihat adalah mereka yang berolahraga bersama-sama. Memiliki tujuan bersama dan rutinitas bersama dapat membuat tubuh serta hubungan menjadi lebih kuat."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com