Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/05/2016, 21:35 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber HEALTHDAY

KOMPAS.com - Dalam tulisannya, Carolyn Aldigé, presiden dan pendiri Prevent Cancer Foundation, organisasi nirlaba yang berbasis di Alexandria, Virginia, menyatakan bahwa hingga saat ini para ilmuwan masih terus mencari terobosan besar dalam penelitian kanker.

Meski sudah ada begitu banyak penemuan terkait kanker, hanya sedikit yang benar-benar telah dipraktikkan. Lebih dari 50 persen kasus kanker dan 50 persen dari kematian akibat kanker, sebenarnya dapat dicegah dengan pengetahuan yang kita miliki sekarang.

Sebagai contoh, kita tahu bahwa virus tertentu dapat menyebabkan kanker. Kabar baiknya adalah bahwa kita memiliki cara untuk mencegahnya, yaitu dengan vaksinasi.

Sayangnya, sehingga mereka tidak mengambil langkah untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang yang mereka cintai.

Dalam upaya untuk membantu menyelamatkan nyawa, Prevent Cancer Foundation meluncurkan Think About the Link, sebuah kampanye pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang hubungan antara virus tertentu dan kanker, dan bagaimana mencegahnya. Inilah jenis-jenis kanker yang disebabkan oleh virus.

 

Human Papillomavirus (HPV)
Human papillomavirus (HPV) adalah salah satu virus yang terkait dengan kanker. HPV bertanggung jawab untuk hampir semua kanker serviks, juga dapat menyebabkan setidaknya lima jenis kanker lainnya, termasuk vulva, vagina, penis, anus, dan orofaringeal (belakang tenggorokan).

Setiap tahun, lebih dari 27.000 perempuan dan laki-laki di Amerika Serikat terdiagnosa kanker yang disebabkan oleh HPV. Itu berarti ada kasus baru setiap 20 menit, yang seharusnya sebagian besarnya bisa dicegah.

Ada vaksin yang aman yang tersedia untuk mencegah penularan HPV. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan vaksin HPV untuk semua anak perempuan dan anak laki-laki berusia 11 sampai 12 tahun, atau orang dewasa yang belum pernah menerima vaksinasi.

 

Hepatitis B dan Hepatitis C
Para ilmuwan telah menemukan bahwa sebagian besar kanker hati disebabkan oleh virus hepatitis B dan hepatitis C. Kanker hati membunuh sekitar 16.000 pria dan 7.000 wanita di Amerika Serikat setiap tahun. Saat ini sudah tersedia vaksin untuk Hepatitis B, serta pemeriksaan dan pengobatan kuratif untuk hepatitis C.

Dengan mencegah atau mengobati virus ini, kita dapat mencegah 80 sampai 95 persen kasus kanker hati. Menurut penelitian Prevent Cancer Foundation, 76 persen orang dewasa tidak menyadari bahwa vaksin hepatitis B dapat mengurangi risiko kanker hati, dan 73 persen orang dewasa tidak menyadari bahwa pengobatan hepatitis C dapat mengurangi risiko kanker hati.

 

Meningkatkan Kesadaran dan Menyelamatkan Kehidupan
Sudah waktunya untuk meningkatkan kesadaran kita dan mulai untuk menyelamatkan nyawa. Ikuti lima tips ini untuk melindungi diri sendiri, anak-anak dan orang terdekat Anda dari kanker :

1. Memahami hubungan antara kanker dan virus.
Mengetahui bahwa virus tertentu dapat menyebabkan kanker adalah langkah pertama untuk melindungi diri dari virus. Setelah itu, diperlukan kesadaran untuk ikut program vaksinasi.

 

2. Tahu risiko Anda.
Berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda berisiko untuk terkena virus penyebab kanker. Saat ini, hanya 13 persen dari ras Hispanik, dan 29 persen dari ras Asia-Amerika yang menyadari risiko tingginya kasus kanker yang disebabkan oleh virus hepatitis B, dan hanya 11 persen dari generasi muda yang menyadari risiko tinggi terkena kanker yang disebabkan oleh virus hepatitis C.

 

3. Bertanya dengan penyedia layanan kesehatan Anda.
Hanya tujuh persen orang dewasa mengatakan bahwa dokter mereka telah merekomendasikan satu atau lebih vaksin khusus untuk mengurangi risiko kanker. Mulailah untuk melakukan sesuatu demi mencegah kanker yang disebabkan virus.

 

4. Vaksinasi, periksa dan obati.
CDC merekomendasikan vaksin HPV untuk anak laki-laki dan perempuan usia 11 sampai 12, dan vaksin hepatitis B pada saat lahir serta untuk anak-anak hingga usia 18 tahun yang belum menerimanya.

Pemeriksaan hepatitis C dianjurkan untuk mereka yang memiliki risiko tinggi terinfeksi. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang vaksin, pemeriksaan atau perawatan yang tersedia untuk Anda dan anak-anak Anda.

 

5. Berbagi pengetahuan.
Jika lebih banyak orang tahu tentang hubungan antara virus dan kanker, lebih sedikit orang akan meninggal akibat penyakit ini. Berbagi pengetahuan dengan komunitas Anda, dan dorong penyedia layanan kesehatan untuk membicarakan masalah ini dengan pasien mereka.

Pengetahuan adalah langkah pertama untuk membantu mencegah kanker dan menyelamatkan nyawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com