Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/05/2016, 09:00 WIB

TANYA:
 
Siang dokter, saya mau bertanya apakah perasaan sangat tertekan dan merasa sakit di bagian hati itu merupakan tanda gejala awal penyakit? Saya merasa kan hal ini ketika merasa sangat sedih dan ini sudah berlangsung selama 2 tahun terakhir. Apakah saya termasuk kategori depresi ? Terima kasih dokter saya menunggu jawabannya.
Aisya (29), Medan

TANYA:

Ibu Aisya yang baik,
Saya mungkin perlu mengkonfirmasi lagi apakah hati yang dimaksud ini adalah organ di bagian kanan bawah yang nama lainnya liver atau merujuk pada jantung (heart) yang suka didefinisikan sebagai jantung hati dalam tulisan-tulisan tentang perasaan.

Sakit hati yang dimaksud apakah kiasan atau benar-benar? Sebab yang dikatakan ibu, ibu mengalami sakit di bagian hati jika perasaan tertekan. Jika memang organ hati-nya yang sakit mungkin perlu diperiksa lebih lanjut ke dokter. Jangan-jangan mengalami gangguan hati yang sekarang juga banyak dialami oleh masyarakat perkotaan karena kegemukan (seperti perlemakan hati).

Namun, jika yang dimaksud adalah kiasan "sakit hati" maka bisa saja itu merupakan gejala fisik (somatik) jika berkaitan dengan suasana perasaan yang tidak nyaman.

Tentunya gejala depresi tidak hanya berkaitan dengan gejala fisik seperti itu tetapi lebih ditunjukkan adanya penurunan suasana perasaan (sedih, murung), tidak ada harapan hidup, merasa hampa dan putus asa serta tidak bergairah atau bersemangat untuk melakukan sesuatu.

Jika hal ini terjadi selama dua minggu berturut-turut mungkin Anda mengalami depresi. Itu tentunya harus ditangani ahli seperti psikiater atau psikolog klinis. Semoga jawaban ini bisa membantu.

Salam sehat jiwa

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com