Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Sehat sejak Remaja Turunkan Risiko Kanker

Kompas.com - 13/05/2016, 15:45 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber time.com

KOMPAS.com - Mumpung masih muda maka boleh makan sesukanya? Kalimat tersebut tak berlaku jika Anda ingin sehat di masa mendatang.

Menurut penelitian terbaru, pola makan saat remaja memengaruhi kesehatan di kemudian hari. Pada remaja wanita, pola makan berkaitan dengan risiko kanker payudara.

Makan sehat yang dimaksud adalah banyak konsumsi buah-buahan dan sayuran sejak remaja.

Peneliti dari Rumah Sakit Umum Massachusetts, Maryam Farvid dan ilmuwan dari Harvard T. H. Chan School of Public Health, mempelajari bagaimana pola makan saat remaja memengaruhi risiko kanker.

Mereka menganalisis hasil Nurses Health Study, yaitu survei terhadap para perawat yang mengisi kuisioner mengenai pola makan dan hasil kesehatan, termasuk kanker. Setengah dari 90.000 wanita yang mengikuti survei tersebut diminta menjawab pertanyaan mengenai pola makan saat remaja.

Hasilnya, mereka yang rata-rata konsumsi tiga porsi buah per hari memiliki risiko 25 persen lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan mereka yang hanya makan setengah porsi buah.

Buah-buahan yang kaya antioksidan dapat memberi perlindungan terhadap kanker payudara. Buah yang membantu menurunkan risiko kanker payudara itu antara lain apel, pisang, anggur, dan jeruk. Farvid mengungkapkan, buah-buahan tersebut berserat dan tinggi flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan untuk memerangi kerusakan sel yang dapat memicu pertumbuhan abnormal.

Penelitian ini juga menekankan pentingnya makan buah utuh, bukan jus buah. Buah utuh dinilai lebih memiliki nutrisi lengkap.

"Buah menurunkan risiko kanker payudara karena mengandung serat, sedangkan jus buah alami sering tidak memiliki serat di dalamnya," kata Farvid.

Sementara itu, penelitian lainnya yang juga dipublikasikan di BMJ, menemukan wanita yang konsumsi minuman alkohol dua kali per hari berisiko 30 persen terkena kanker payudara.

Menurut Farvid, penelitian ini juga penting bagi sekolah-sekolah untuk menyediakan makanan sehat atau masuk dalam program makan sehat di sekolah.

Ia mengatakan, banyak penyakit kronis karena pola makan yang tidak sehat selama bertahun-tahun. Untuk itu, kebiasaan makan sehat seharusnya sudah diterapkan sejak dini.

"Studi ini menggarisbawahi pentingnya apa yang seorang gadis muda makan untuk kesehatan di masa depannya," kata Farvid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com