Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hidup Tak Sehat, Tom Hanks Terkena Diabetes Tipe 2

Kompas.com - 18/05/2016, 11:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Aktor Tom Hanks mengakui terkena diabetes. Ia harus hidup dengan penyakit gaya hidup ini karena pernah begitu "idiot" dalam mengatur pola makan dan berat badan.

Ada jenis diabetes, tipe 1 dan 2. Tipe 2 paling lazim diderita lansia dan amat berhubungan dengan obesitas. Jika kadar gula darah terus dibiarkan tinggi, diabetes dapat menyebabkan kebutaan, gagal ginjal atau amputasi kaki. Diabetes juga meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Gejala-gejala penyakit ini meliputi sering buang air kecil, terus menerus haus dan merasa lelah, serta berat badan turun drastis tanpa sebab.

Hanks didiagnosa diabetes tipe 2 pada 2013.Saat itu ia mengalami naik turun berat badan. Perannya di film Castaway dan Philadelpia yang kurus kering boleh jadi berhubungan erat dengan diagnosis ini.

"Saya bagian dari generasi Amerika yang malas dan dengan buta terus berdansa di pesta-pesta dan menemukan diri sendiri sedang sakit," katanya.

"Saya gemuk. Anda melihat saya di film-film seperti apa penampilan saya. Saya benar-benar idiot," ujar aktor berusia 59 tahun ini.

Tampaknya usahanya menurunkan gula darah dengan berdiet saja tidak berhasil. "Saya pikir saya dapat menghindarinya dengan tak memakan roti dari cheese burgers yang dihidangkan. Ternyata butuh lebih dari itu," kata pemeran Forrest Gump ini.

"Dokter bilang jika saya dapat mencapai berat badan tertentu, saya tak akan terkena diabetes lagi," tuturnya. Tetapi di 2013 ia sempat mengatakan berat badan itu tak bakal tercapai karena bobot itu dimilikinya ketika masih remaja.

"Well, saya kena diabetes tipe 2 karena tak ada cara lain saya dapat kembali ke berat badan saat SMA," katanya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com