Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2016, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Sebagai manusia, rasanya tak mungkin kita lepas dari perasaan cemas. Ketidakpastian pekerjaan, keuangan, kesehatan, hingga urusan cinta, bisa membuat kita sering dilanda rasa cemas.

Seringkali, kecemasan itu menguasai pikiran kita sehingga menimbulkan gangguan fisik. Rasa takut mati misalnya, bisa membuat kita jadi takut keluar rumah atau panik jika membaca berita-berita kriminal. Kualitas hidup pun menurun.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi atau bahkan mengusir kecemasan di kondisi sulit. Berikut adalah 5 kiat untuk mengusir rasa cemas dengan instan. Beberapa tips ini mungkin terlihat sederhana, tapi penelitian menunjukkan cara ini memberikan hasil efektif.

1. Tarik napas
Saat sedang cemas, detak jantung kita meningkat, napas menjadi cepat dan tubuh menjadi tegang. Napas yang cepat dan dangkal, bisa mengurangi oksigen ke otak, sehingga kemampuan kita berpikir jernih menurun.

Kapan pun Anda merasa cemas, ambil napas panjang dan dalam. Lakukan berulang kali sampai kita merasa tenang. Bila Anda sedang berada di dalam ruangan, bukalah jendela atau keluar untuk menghirup udara segar.

2. Gerakkan tubuh
Saat merasa tekanan pada tubuh, berdirilah dan lakukan gerakan-gerakan kecil, misalnya menggoyangkan lengan dan kaki, untuk melepaskan energi cemas. Lanjutkan dengan mengambil napas dalam.

3. Percikkan air ke wajah
Membasuh wajah atau hanya memercik air dingin ke wajah, akan memicu rasa rileks dan detak jantung melambat. Bila Anda sedang memakai make up, percikkan bagian leher.

4. Hindari gula dan kafein
Ketika hari-hari Anda dipenuhi rasa cemas, hindari makanan dan minuman yang mengandung gula atau kafein. Penelitian menunjukkan, kedua jenis zat itu justru meningkatkan level stres.

5. Minum teh chamomile
Teh chamomile diketahui memiliki efek menenangkan dengan cepat.

psychology today

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com