Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/05/2016, 11:51 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hipotiroid merupakan salah satu gangguan fungsi tiroid yang terjadi, karena kelenjar tiroid kurang aktif memroduksi hormon tiroid. Tak hanya orang dewasa, hipotiroid bisa terjadi pada bayi baru lahir atau disebut hipotiroid kongenital.

Masalah hipotiroid pada bayi jangan dianggap sepele. Jika tidak segera mendapat penanganan, bayi dengan hipotiroid kongenital akan mengalami gangguan tumbuh kembang hingga retardasi mental.

Untuk diketahui, hormon tiroid memegang peran penting dalam perkembangan susunan saraf pusat di otak, mengatur panas tubuh, metabolisme, serta membantu jantung, otot, dan organ tubuh lainnya befungsi dengan baik. Bayangkan, jika bayi yang masih harus tumbuh dan berkembang mengalami kekurangan atau tidak memiliki hormon tiroid ini.

Sayangnya, masih banyak orang tak sadar dengan adanya penyakit ini. Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp. A (K) mengatakan, orangtua sering kali baru datang ke dokter ketika anak sudah mengalami keterlambatan bicara hingga keterlambatan perkembangan motorik halus.

"Bayi dengan hipotiroid kongenital mungkin awalnya terlihat normal. Gejala bisa muncul setelah beberapa bulan. Ada pasien saya, gejala baru timbul setelah usia satu tahun," jelas Aman dalam jumpa pers Pekan Kesadaran Tiroid Internasional ke-8 di Jakata, Selasa (24/5/2016)

Berikut tanda-tanda atau gejala yang bisa muncul pada bayi dengan hipotiroid kongenital.

-Pusar bodong
-Muka sembab
-Bibir tebal
-Tubuh pendek
-Lidah besar dan keluar
-Kesulitan bicara
-Jarang menangis
-Konstipasi

Namun, Aman menegaskan, untuk screening hipotiroid kongenital, jangan menunggu tanda-tanda tersebut mulai muncul atau terlihat pada bayi. Periode emas untuk screening hipotiroid kongenital adalah 48-72 jam setelah bayi lahir.

"Jadi harus screening sejak lahir. Begitu ketahuan, segera diobati," kata Aman.

Pengobatan sesegera mungkin akan mencegah bayi mengalami retardasi mental. Bayi pun bisa tumbuh dan berkembang seperti anak-anak lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com