Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/05/2016, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Cara kita menjaga kebersihan gigi sehari-hari mungkin tanpa kita sadari justru berakibat negatif. Misalnya saja penggunaan sikat gigi elektrik yang tidak tepat.

Menurut dokter gigi Tariq Idrees, sikat gigi elektrik terbukti percuma membersihkan gigi jika tidak digunakan dengan tepat.

Sikat gigi ini memang praktis, kita tinggal menekan tombol dan menempelkan sikat pada permukaan gigi maka otomatis gigi akan dibersihkan. Namun, penekanan sikat yang terlalu keras justru bisa membuatnya tidak efektif menyingkirkan kotoran. Jadi, ikuti saja gerakan sikat sampai semua gigi dibersihkan.

Sikat gigi elektrik sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mereka yang memiliki gigi sensitif. Pada orang yang menderita gangguan gigi ini, penyikatan manual yang terlalu keras bisa memperparah hilangnya email atau lapisan luar gigi.

Kesalahan lain yang juga sering dilakukan adalah berkumur terlalu cepat setelah menyikat gigi. Idrees mengatakan, seharusnya kita menunggu beberapa saat.  Terlalu cepat berkumur akan menghilangkan fluoride sebelum sempat menempel di email gigi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com