Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/05/2016, 20:25 WIB

Tim Redaksi

Sumber Menshealth

KOMPAS.com - Perasaan marah, malu, khawatir biasanya campur aduk dalam diri orang tua ketika tertangkap basah oleh anak saat bercinta. Jika ini terjadi pada Anda, apa yang akan Anda lakukan?

Persoalan ini kerap melanda pasangan di seluruh dunia. Selalu ada cerita tentang anak yang memergoki orang tua sedang bercinta.

Entah si anak ingin didekap orang tua ketika tidur hingga mereka menerobos begitu saja ke kamar orang tuanya. Bisa juga suara gaduh akibat sesi bercinta membuat si anak penasaran dengan apa yang terjadi.

Shawn dan istrinya berbagi pengalaman mengenai hal ini lewat situs menshealth.com. Saat itu Shawn sedang memadu kasih dengan istrinya hingga ia mendengar sesuatu yang selama ini dikhawatirkan.

Ia mendengar suara pintu terbuka dan ketika ia menoleh, semuanya sudah terlambat. Anaknya yang berusia sembilan tahun sudah berdiri di ujung tempat tidur Shawn.

Rasa malu, bingung, dan marah membuat Shawn berteriak sekuat tenaga ke anaknya. Kemudian hari, Shawn mengakui kalau itu adalah tindakan yang salah.

Jadi, apa yang sebaiknya dilakukan kalau Anda tertangkap basah oleh anak saat bercinta? Berikut beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk memberi pengertian kepada anak dan  ‘menjaga’ agar kisah itu tidak menyebar.

Tetap tenang

Tenang adalah kuncinya. Tingkat ketenangan menentukan tindakan selanjutnya. Dalam kasus Shawn, ia tidak tenang sehingga berteriak kepada anaknya. Yang pada akhirnya disesali oleh Shawn.

Psikolog Judy Rosenberg, Ph. D yang juga penulis buku Be the Cause : Healing Human Disconnect menyarankan agar orang tua tetap tenang jika menyadari bahwa si anak sudah masuk ke lokasi bercinta orang tuanya.

“Kalau Anda panik, anak akan menilai reaksi tersebut sebagai sesuatu yang negatif. Anak akan berpikir kalau orang tuanya sedang melakukan hal yang dilarang. Selanjutnya, anak akan berpikir kalau seks itu hal yang tabu atau dilarang,” kata Judy.

Langkah yang bisa dilakukan antara lain, tutupi aurat Anda dengan selimut atau bantal. Kemudian bersikap biasa dan beri anak senyuman, bukan teriakan.

Jika Anda memberi kesan kalau seks itu sesuatu yang normal, maka anak akan lebih bisa mengerti dan menerima apa yang ia lihat saat itu.

Tunggu reaksi anak

Ada kemungkinan kalau anak tak mengetahui apa yang Anda lakukan. Jadi, sebelum Anda sibuk menjelaskan apa yang terjadi, ada baiknya menunggu reaksi si anak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com