Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/05/2016, 16:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Minuman susu fermentasi atau dikenal dengan yogurt sudah dikenal memiliki berbagai manfaat sehat bagi tubuh. Kandungan bakteri baik di dalam yoghurt tak hanya baik untuk pencernaan, tapi juga menurunkan risiko obesitas, mencegah penyakit jantung hingga berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

 

Bahkan, konsumsi yogurt yang dikombinasikan dengan asupan bernutrisi seperti buah dan sayur terbukti meningkatkan respon imun pada sistem pencernaan, sehingga menurunkan resiko terserang penyakit saluran pencernaan seperti kanker kolon, diare, penyakit radang usus dan infeksi bakteri lain yang pertumbuhannya dapat dihambat dengan mengonsumsi yoghurt.

 

Menurut Dr. Marya W. Haryono. Mgizi, SpGK, studi yang menggunakan yogurt menunjukkan manfaat kesehatan yang menjanjikan untuk kondisi pencernaan, termasuk lactose intolerant, konstipasi, diare, kanker kolon, dan penyakit radang usus, infeksi helicobacter pylori, hingga alergi.

 

Manfaat tersebut didapat dari bakteri asam laktat (BAL) pada yoghurt yang mendorong kinerja usus atau saluran pencernaan yang lebih optimal.

 

“Yogurt memiliki sifat antimutagen dan antikarsinogen, bakteri asam laktat yang ada dalam yoghurt terbukti dapat menurunkan risiko kanker, karena bakteri asam laktat membantu mengaktifkan sistem imun dan menghambat pertumbuhan sel kanker,” jelas dr. Marya dalam acara Conference National Yogurt Day : Ayo Mulai Minum Yogurt! di Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

Untuk mendapatan manfaat maksimal, yoghurt sebaiknya dinikmati di empat waktu berikut:

1. Sarapan
Mengonsumsi yogurt sebagai menu sarapan sangat baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badannya. Kandungan nutrisinya cukup mengenyangkan dan memberi energi pada tubuh di pagi hari. Selain itu kesehatan pencernaan pun akan terjaga.

 

2. Camilan
Pilih yogurt sebagai camilan yang tak hanya aman untuk berat badan Anda, tapi juga baik untuk menjaga suasana hati. Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa yogurt punya efek yang sama seperti cokelat, bisa membuat hati bahagia setelah mengonsumsinya.

 

3. Setelah makan
Ketimbang memilih makanan penutup kaya gula, lebih baik selalu sediakan yogurt sebagai dessert. Pasalnya, yogurt dapat membantu tubuh menurunkan kolesterol dalam darah.

 

4. Saat bepergian jauh
Ada kalanya ketika mengunjungi tempat baru, kita akan terserang diare, kram perut, dan mual. Biasanya ini disebabkan oleh bakteri yang berasal dari makanan. Yogurt bisa membantu mengatasi hal ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com