Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/05/2016, 18:11 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Olahraga akan menjadi sangat menyenangkan ketika Anda berhasil memangkas lemak lebih banyak. Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka lakukan tiga perubahan sehari-hari yang akan membantu meningkatkan pembakaran kalori.

 

Libatkan sinar matahari pagi

Olahraga di alam terbuka dengan paparan sinar matahari dapat membakar kalori 20 persen lebih banyak ketimbang saat Anda melakukannya di gym atau di dalam rumah.

“Memindahkan” tempat olahraga di ruang terbuka, saat akhir pekan misalnya, juga dapat membakar kalori lebih cepat karena adanya bantuan panas alami dari sinar matahari pagi—selain asupan vitamin D yang baik untuk tubuh tentunya.

Selain itu, penelitian menunjukkan, orang yang berolahraga di bawah sinar mentari pagi dinilai lebih enerjik, ketimbang saat berolahraga di sore atau malam hari.

Peneliti menilai, sinar matahari pagi mampu memicu produksi hormon serotonin yang berkaitan dengan perasaan bahagia dan semangat.


Tingkatkan kecepatan

Saat bicara tentang olahraga kardio, berlari tentu akan membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat ketimbang berjalan santai.

Berita baiknya, jika Anda meningkatkan kecepatan berlari walau hanya sedikit saja, maka kalori yang terbakar menjadi lebih banyak. Sehingga, mengatur interval berlari, mulai dari berlari santai, berlari cepat, lalu berlari sangat cepat adalah cara yang efektif untuk meningkatkan pembakaran kalori dan juga telah terbukti mampu mengurangi lemak perut.

Pastikan juga untuk mengayunkan lengan-lengan saat Anda berlari, dan hasilnya, Anda akan membakar kalori 15 persen lebih banyak.


Latih kekuatan otot dengan banyak cara

Otot mampu membakar lebih banyak kalori ketimbang lemak, sehingga lebih banyak massa otot yang Anda miliki, maka semakin efektif pula penurunan berat badan.

Untuk melatih massa otot, Anda bisa melakukan olahraga seperti push-up selama 5 menit, sesaat sebelum mandi. Anda juga dapat melatih otot tangan dengan membawa keranjang saat belanja dan bukannya troli. Sesekali, menaiki tangga untuk menuju lantai atas, akan membuat otot kaki menjadi lebih kuat. Untuk pembentukan massa otot yang lebih cepat, Anda bisa memulai latihan beban di gym.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com