Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Pertumbuhan Kuman dari Makanan di Kulkas

Kompas.com - 31/05/2016, 10:18 WIB

KOMPAS.com - Untuk melindungi diri dan keluarga dari penularan penyakit bersumber dari makanan, alat paling efektif adalah kulkas. Di suhu ruangan, sejumlah bakteri penyebab penyakit dari makanan akan berlipat ganda setiap 20 menit.

Cara terbaik memperlambat pertumbuhan kuman itu adalah menyimpan makanan disimpan dalam kulkas dengan suhu yang tepat. Untuk memastikan kulkas di rumah Anda melakukan tugasnya, sangat penting menjaga suhunya di bawah 4,4 derajat celcius, dan suhu freezer sekitar minus 17 derajat. Cek suhu kulkas secara berkala dengan termometer.

Berikut adalah beberapa kiat yang perlu Anda lakukukan untuk menjaga kehigienisan makanan yang disimpan dalam kulkas.

- Jangan menyimpan makanan terlalu banyak. Udara dingin harus bisa bersirkulasi dengan baik di dalam kulkas.

- Untuk mengurangi pertumbuhan bakteri listeria yang mampu bertahan di suhu kulkas, segera bersihkan tumpahan cairan dari daging mentah agar tidak terjadi kontaminasi silang dari satu makanan ke makanan lain.

- Selalu simpan makanan di kulkas dalam wadah tertutup atau plastik dengan lapisan penutup.

- Selalu periksa tanggal kedaluarsa makanan. Jika sudah melewati tanggalnya, buanglah. Jika Anda tidak yakin kapan makanan tersebut kedaluarsa atau bentuk makanan sudah berubah, jangan segan untuk membuangnya.

- Bersihkan kulkas secara rutin. Jadikan kegiatan membersihkan kulkas sebagai bagian dari membersihkan dapur.

- Setelah belanja, segera masukkan bahan makanan yang memang perlu disimpan di kulkas segera. Membiarkan bahan makanan itu di suhu ruangan satu sampai dua jam bisa membuat bakteri cepat bertumbuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com