Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Pendongeng Terlihat Lebih Menarik di Mata Wanita

Kompas.com - 31/05/2016, 17:03 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Ternyata tak selalu perlu berwajah ganteng untuk dapat menarik perhatian wanita. Perempuan menyukai pria yang punya kemampuan bercerita dengan baik.

Periset dari University of North Carolina di Chapel Hill dan SUNY Buffalo menyimpulkan hal tersebut setelah melakukan serangkaian penelitian terhadap ratusan mahasiswa dan mahasiswi S1.

Dalam satu studi para mahasiswa itu membaca deskripsi pria dan wanita, beberapa secara spesifik menyebutkan pria atau wanita yang mengungkapkan cerita hebat.

Hasilnya, wanita menemukan pria pencerita yang baik lebih menarik untuk dijadikan pasangan hidup. Pria dengan kemampuan biasa-biasa saja atau tidak punya kemampuan tidak begitu menarik.

Di sisi lain, pria tidak menilai wanita pendongeng yang jagoan tidak disebutkan terlihat lebih menarik.

Periset juga menanyakan apakah mereka berpendapat pria atau wanita itu akan menjadi populer, dikagumi dan pemimpin yang baik. Jawaban terhadap pertanyaan ini mengindikasikan status tinggi orang tersebut.

Cukup meyakinkan, pria pendongeng yang baik dipandang wanita memiliki status tinggi. Wanita yang seharusnya pendongeng yang baik tidak dipandang pria lebih menarik atau pun memiliki status lebih tinggi.

Di titik ini, sulit mengatakan secara pasti mengapa wanita tertarik pada pria pendongeng yang baik.

Peneliti menyebutkan, kemampuan bercerita mencerminkan kemampuannya mendapatkan sumber daya. Pencerita yang baik cenderung dapat memengaruhi orang lain atau mendapatkan posisi berkuasa dalam masyarakat.

Riset sebelumnya menemukan wanita lebih memilih pria dengan status tinggi. Ini tidak mengejutkan. Hal yang baru adalah kemampuan bercerita ternyata merupakan indikator status seseorang.

Tentu saja masih dibutuhkan riset lagi untuk mengetahui apakah melihat dan mendengarkan pria pendongeng lebih menarik dibandingkan membaca cerita yang ditulisnya.

Kendati demikian, studi ini menambah fakta bahwa karakter non fisik ternyata membuat pria menarik bagi wanita. Dalam sejumlah kasus hal ini bahkan lebih penting dari penampilan wajahnya.

Intinya, wanita mungkin tidak secara eksplisit mengungkapkan mereka mencari pria pendongeng yang baik. Mereka mungkin bahkan tak tahu benar apa yang dia inginkan. Tetapi jika ingin membuat wanita terkesan, tak ada salahnya menghapalkan cerita dan mulai mendongeng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com