Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/06/2016, 10:50 WIB

KOMPAS.com - Bila tujuan Anda adalah memiliki tubuh yang sehat, bugar, dan menjaga berat badan, tentu Anda akan berkomitmen terhadap latihan olahraga.

Meski begitu, sebenarnya tak gampang mengukur apakah latihan rutin tersebut efektif. Berat badan di timbangan biasanya jadi patokan. Karenanya tak mengherankan jika banyak orang yang akhirnya mulai malas berolahraga karena merasa tak mencapai hasil yang dituju.

Pada satu titik, target yang dicapai sangat lama, datar, dan percuma. Padahal, faktanya ada perubahan-perubahan positif yang tidak bisa kita lihat melalui cermin.

Ketahui apa saja tanda latihan olahraga yang selama ini Anda lakukan efektif.

1. Terus mendorong diri
Jangan abaikan reaksi tubuh kita saat berolahraga. Bila detak jantung Anda meningkat dan berkeringat, kemungkinan Anda melakukan sesuatu yang tepat. Ini berarti Anda mendorong diri sampai batas tertentu, sehingga akan terjadi perubahan yang lebih sehat.

"Makin menantang latihannya, makin bertahan lama penanda fisiologi yang terjadi setelah berolahraga. Dengan kata lain, makin banyak energi yang dikeluarkan sehingga hasilnya lebih baik," kata Mical Zuhl, asisten profesor di School of Health Science, Universitas Central Michigan.

2. Fokus pada kualitas
Latihan olahraga yang baik bukan berarti berapa lama kita melakukannya, tapi jenisnya. Latihan yang singkat, misalnya latihan interval intensitas tinggi, terbukti bisa mengaktifkan seluruh otot tubuh dan membakar kalori lebih banyak.

3. Tidur seperti bayi
Olahraga dan kualitas tidur selalu berdampingan. Olahraga rutin yang kita lakukan bisa meningkatkan kualitas tidur.

4. Mampu melakukan latihan interval
Latihan interval intensitas tinggi saat ini menjadi standar emas latihan kebugaran. Selain dianggap efektif menurunkan berat badan, olahraga ini juga melatih ketahanan dan membuat tubuh lebih bugar.

5. Mencoba hal baru
Zuhl mengatakan, melakukan banyak variasi olahraga adalah kunci untuk mencapai target. Ia merekomendasikan latihan interval, mengikuti kelas fitnes baru, atau melakukan kompetisi lari atau bersepeda, sehingga kita terus merasa tertantang. Selain variasi, tentu yang tak boleh kita lupakan adalah konsistensi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com