Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/06/2016, 12:37 WIB
Reza Pahlevi

Penulis

KOMPAS.com – Pada saat menjalankan ibadah puasa tubuh tak mendapat energi dan zat gizi lain dari makanan selama 14 jam. Asupan kalori pada tubuh pun menjadi terbatas. Hal itu membuat badan lemas dan perut keroncongan.

Akibatnya, stamina tubuh dan konsentrasi pun menurun. Untuk menghindari hal itu, perlu strategi pemilihan asupan makanan bergizi agar tubuh Anda tetap prima saat menjalani ibadah puasa.

Sangat dianjurkan bagi Anda agar meneliti faktor gizi dan nutrisi makanan terlebih dahulu sebelum menjalani ibadah puasa. Tidak ada salahnya mencatat berbagai asupan makanan untuk sahur dan berbuka puasa mulai dari sekarang.

Tubuh harus mendapatkan asupan zat gizi yang memadai agar tetap bugar selama berpuasa, seperti  karbohidrat dan protein. Karbohidrat adalah sumber kalori dan bisa menghasilkan energi pada tubuh. Selain itu, zat ini mempunyai manfaat sebagai pengisi ulang glikogen-cadangan energi-dalam tubuh.

Anda bisa memilih jenis karbohidrat berserat tinggi, yaitu roti gandum, nasi merah, kentang, dan biji-bijian. Dengan begitu, Anda tidak cepat merasa lapar karena bahan tersebut lebih lambat dicerna dalam tubuh.

Kandungan lainnya ialah protein. Anda bisa mendapatkan asupan zat ini dari berbagai makanan, seperti daging sapi, ayam, tempe, tahu, telur, susu, dan kacang-kacangan. Nutrisi itu berfungsi agar otot pada tubuh akan pulih walapun sudah bekerja seharian.

Zat gizi lainnya tentu saja adalah air. Pasalnya selama berpuasa, tubuh akan banyak kehilangan air dan mengalami dehidrasi ringan. Maka saat berbuka, airlah yang harus menjadi asupan pertama.

SHUTTERSTOCK Ilustrasi

Perlu dicatat

Beragam jenis makanan bergizi membuat Anda mau tak mau mengingatnya saat berbelanja. Ada kalanya aktivitas yang menumpuk membuat Anda lupa untuk mengerjakan sesuatu yang penting.

Solusinya, jangan sungkan mencatat asupan makanan bergizi itu di selembar kertas dan menaruhnya di tempat yang mudah terlihat, seperti cermin atau kulkas. Bisa juga mencatat keperluan itu pada gadget Anda. Atau, dapat menuliskannya pada fitur reminder di ponsel.

Pastikan gadget Anda bisa bertahan seharian dan tidak perlu waktu lama untuk mengisi daya baterainya.

Untuk itu, gadget dengan daya tahan kuat dan pengisian baterai cepat pun diperlukan. Hal itu akan mempermudah saat Anda memilih dan mencatat asupan makanan bergizi. Tidak lucu bukan, catatan belanja hilang karena ponsel kehabisan baterai disaat Anda berbelanja?

Solusinya, Anda bisa memilih ponsel dengan kapasitas baterai besar atau memiliki pengisian daya baterai cepat. Misalnya fitur VOOC Flash Charger pada Oppo F1 Plus yang mampu mengisi daya ponsel 5 menit yang bisa digunakan selama 2 jam.

Pengisi daya ponsel tercepat dengan teknologi VOOC Flash Charge Oppo F1 Plus

Tak hanya itu, dengan teknologi tersebut tak perlu mengisi daya baterai selama Anda tidur. Gadget pun terjaga sampai waktu sahur tiba.

Jangan sampai 30 hari Anda berpuasa tak mendapatkan manfaat lebih bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, tidak ada salahnya mulai dari sekarang mencatat dan membeli bahan asupan kaya vitamin dan bernutrisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com