Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2016, 07:25 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Yahoo News

KOMPAS.com - Beberapa produk bayi nyatanya bisa menjadi andalan bagi pemilik kulit sensitif, seperti tisu bayi yang dapat membantu menghilangkan makeup hingga dan krim ruam popok yang telah terbukti bisa menjadi penawar berbagai macam iritasi pada kulit.

 

Selain itu, produk bayi lainnya yang bisa diandalkan oleh pemilik kulit sensitif untuk mencegah risiko iritasi ialah tabir surya.

 

Menurut Dr. Elizabeth Tanzi, ahli kulit dari Capital Laser & Skin Care, orang dewasa dengan kulit sensitif bisa menggunakan bayi tabir surya khusus bayi dengan kandungan zinc sebagai bahan aktif.

 

"Zinc merupakan bahan aktif tabir surya yang hanya melapisi permukaan kulit dan tidak bisa diserap melalui kulit, itulah mengapa produk tersebut aman digunakan untuk bayi. Satu-satunya perbedaan antara formulasi tabir surya bayi dan versi dewasa adalah kosmetik. Ini berarti, bahwa tabir surya dewasa mengandung bahan-bahan kimia lain yang diformulasikan untuk mencegah lapisan zinc terlihat berwarna putih di kulit, “ kata Dr. Elizabeth.

 

Environmental Working Group menjelaskan, tabir surya mineral atau alami biasanya mengandung seng oksida atau titanium dioksid. Sementara bahan kimia yang biasanya terdapat dalam tabir surya dewasa meliputi oxybenzone, avobenzone, octisalate, octocrylene, homosalate, dan Octinoxate.

 

Studi menunjukkan, beberapa bahan kimia tambahan pada tabir surya dewasa tersebut dapat memicu alergi kulit atau mengacaukan hormon. Sehingga kurang aman bila digunakan untuk pemilik kulit sensitif.

 

Jadi, walaupun tabir surya bayi umumnya meninggalkan sedikit warna putih pada kulit, namun itu bisa menjadi pilihan yang lebih aman secara keseluruhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com