Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/06/2016, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Susah senang selalu bersama, sahabat adalah segalanya. Memiliki sahabat baik bukan cuma membuat hati kita lebih tenang karena memiliki orang yang bisa diandalkan, tapi juga menyehatkan.

Menurut penelitian, ada beberapa manfaat fisik dan mental memiliki sahabat sejati.

1. Mencegah penyakit
Memiliki teman baik bukan hanya menyenangkan karena ia akan datang menjenguk saat kita sakit. Lebih dari itu, memiliki sahabat bisa membantu melindungi tubuh dari penyakit akibat stres.

Sebuah penelitian menunjukkan, dalam analisa terhadap 2.835 wanita yang menderita kanker payudara, mereka yang tidak memiliki sahabat beresiko 4 kali lebih mungkin meninggal akibat kanker ini dibandingkan dengan yang punya sahabat.

Semakin seseorang memiliki dukungan sosial dari lingkungannya, dalam hal ini teman baik, makin rendah tekanan darah mereka saat usia bertambah. Penelitian bahkan menyimpulkan, kesepian dan rendahnya interaksi sosial, berakibat sama buruknya dengan merokok dan minum alkohol.


2. Membuat mood lebih baik
Penelitian di Inggris mengungkap, orang yang memiliki depresi berpeluang lebih besar untuk sembuh jika mereka punya teman-teman baik dengan mood yang sehat. Mood yang positif memang cenderung menular. Memiliki sahabat juga bisa mengurangi beban pikiran karena kita memiliki tempat untuk curhat dan meminta saran.

3. Semangat berolahraga
Bila Anda ingin menjaga konsistensi melakukan olahraga secara rutin, carilah teman yang juga memiliki tujuan sama. Dengan demikian Anda bisa saling mengingatkan, menyemangati, dan tentu saja lebih bersemangat berolahraga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com