Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Destinasi Wisata Ini agar Tak Terpapar Zika

Kompas.com - 06/06/2016, 17:46 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS,com - Berpikirlah dua kali sebelum Anda memesan perjalanan ke tempat-tempat wisata selama liburan tengah tahun ini. Menurut ahli yang meneliti kasus Zika, beberapa tempat liburan, seperti Disneyland di Amerika, bisa menjadi tempat “empuk” terpapar Zika.

“Beberapa keluarga harus menghindari bagian selatan Amerika Serikat selama beberapa bulan ke depan,” saran Profesor Jimmy Whitworth dari London School of Hygiene dan Tropical Medicine.

Walau virus Zika belum menyebar di beberapa kawasan wisata di Amerika, namun naiknya suhu pertengahan tahun dapat menjadi tempat hidup yang sempurna bagi serangga.

Whitworth tidak sendirian dalam prediksi hal ini. "Nyamuk dapat menularkan virus Zika. Aedes aegypti atau nyamuk demam kuning ditemukan di bagian tenggara Amerika Serikat, khususnya di Florida, daerah Gulf Coast dan bagian dari Texas," kata ahli penyakit menular Kamran Khan, MD, MPH mengatakan dalam acara Dr Oz The Good Life.

Ditambah, CDC percaya bahwa jumlah kasus Zika akan meningkat karena wisatawan banyak yang berkunjung atau kembali ke AS dari daerah yang terkena Zika seperti Karibia dan Amerika Selatan.

Untungnya, kebanyakan ilmuwan setuju bahwa virus hanya menimbulkan risiko kecil untuk sebagian besar orang. Hanya sekitar satu dari lima orang dengan Zika benar-benar menjadi sakit, biasanya hanya ditandai dengan gejala ringan.

Namun, wanita hamil dan pasangan yang mencoba untuk hamil harus benar-benar mempertimbangkan kembali rencana liburan mereka, karena Zika memberi dampak pada perkembangan janin dengan menghambat perkembangan otak.

"Jika Anda tidak hamil atau tidak berpikir untuk memiliki anak dalam waktu dekat, maka saya berpikir bahwa Zika bukalah sesuatu yang perlu dikhawatirkan," kata Whitworth.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com