Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan yang Diiklankan Selebriti Tergolong Tak Sehat

Kompas.com - 09/06/2016, 12:45 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber SHAPE

KOMPAS.com - Makanan yang promosinya didukung oleh para selebriti ternyata tak baik buat kesehatan kita. Begitu hasil penelitian dari NYU Langone Medical Center di New York CIty yang dimuat di jurnal Pediatrics.

Para periset melakukan evaluasi bagaimana makanan dan minuman non alkohol yang didukung oleh selebriti dunia musik berdampak terhadap kesehatan kita.

Untuk mencari selebriti paling populer, mereka mencari dari daftar Billboard's Hot 100 2013-2014. Hasilnya didapat 163 selebriti seperti Beyonce, Calvin Harris, One Direction, Justin Timberlake dan Britney Spears.

Secara kolektif, para selebriti ini mendukung 590 promosi dari seluruh kategori meliputi kecantikan, wewangian, pakaian. Untuk tujuan penelitian ini, periset meneliti 65 selebriti yang promosinya berhubungan dengan perusahaan makanan dan minuman non alkohol. Total jenderal, para selebriti ini berhubungan dengan 57 merek makanan dan minuman yang dimiliki 38 perusahaan induk.

Cukup mengejutkan, makanan dan minuman yang paling lazim didukung selebriti ternyata berupa makanan cepat saji dan minuman sangat manis. Sebagian produk itu dikenal sebagai makanan tidak sehat.

Dari 26 produk makanan yang didukung selebriti dalam penelitian tersebut, periset menemukan 81 persen dalam makanan tersebut "bergizi sangat buruk" dan dari 69 minuman tersebut, 71 persen sangat banyak mengandung gula. Hanya satu makanan yang didukung selebriti yang terhitung sehat. Makanan itu berupa kacang pistachio. .

Tentu saja tak ada salahnya sesekali menyantap makanan yang iklannya dibintangi selebriti itu. Tetapi jangan sampai gara-gara melihat Taylor Swift minum cola diet di iklan, tak berarti ia meneguk minuman itu setiap hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com