Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2016, 13:17 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com - Tumor otak adalah pertumbuhan sel abnormal di otak. Seperti tumor di organ tubuh lainnya, tumor otak dibagi menjadi jinak dan ganas (kanker).

Belum diketahui pasti penyebab tumor otak. Namun, beberapa peneliti menduga, tumor otak disebabkan oleh masalah genetik, paparan bahan kimia, dan radiasi yang berlangsung terus menerus.

Sering kali orang terlambat mengetahui adanya tumor otak dan tak menyadari gejala yang muncul. Ketika tumor membesar dan mulai terasa mengganggu kesehatan, barulah keberadaan tumor otak diketahui.

Gejala tumor otak pun sangat bervariasi tergantung pada lokasi tumor, ukuran, dan perkembangan pertumbuhan tumor. Untuk itu, kenali 10 gejala umum tumor otak berikut seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Sakit kepala
Sakit kepala adalah gejala paling umum dari tumor otak. Biasanya, sakit kepala atau terasa pusing di pagi hari dan rasa sakit selalu di tempat yang sama. Jika sakit kepala sering terjadi dan semakin parah, periksalah ke dokter.

2. Mual dan muntah
Merasa mual pada pagi hari bisa menjadi salah satu gejala tumor otak.

3. Gangguan penglihatan
Jika tumor tumbuh di sekitar lobus oksipital, bisa menyebabkan gangguan penglihatan. Penglihatan menjadi kabur dan kesulitan mengidentifikasi objek dan warna.

4. Kehilangan sensasi
Ketika seseorang memiliki tumor di daerah lobus parietal, akan kehilangan sensasi emosi dan memengaruhi gerakan di sekitar lengan maupun kaki. Hal ini karena tumor telah mengganggu sistem saraf.

5. Masalah keseimbangan
Pertumbuhan tumor di otak bisa menyebabkan hilangnya keseimbangan tubuh. Tumor yang tumbuh di otak kecil mempengaruhi gerakan mereka.

6. Kesulitan bicara

Tumor juga bisa memengaruhi kemampuan bicara seseorang ketika tumbuh di sekitar lobus temporal. Jika tiba-tiba mengalami kesulitan berbicara, periksalah ke dokter, gejala ini juga bisa menjadi tanda stroke.

7. Kebingungan
Tumor otak di lobus parietal menyebabkan seseorang kesulitan memahami berbagai sensasi. Hal ini bisa membuat seseorang selalu merasa kebingungan dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

8. Perubahan perilaku
Bagi seseorang yang memiliki tumor di lobus frontal, bisa mengalami kesulitan dalam mengendalikan perilaku dan memiliki masalah dalam menerima informasi baru.

9. Kejang
Kejang juga salah satu gejala umum kanker otak yang terjadi tanpa disadari. Jika sebelumnya tidak punya riwayat kejang, waspadai tumor otak.

10. Gangguan pendengaran
Tak hanya gangguan penglihatan, adanya tumor pun bisa menyebabkan gangguan pendengaran. Hal ini jika lokasi tumor berada di lobus temporal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com