Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/06/2016, 15:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com - Bayam marupakan sayuran yang dikenal sebagai makanan yang membuat tokoh kartun Popeye memiliki kekuatan super. Manfaat bayam dalam cerita Popeye barangkali ada benarnya.

Sayuran hijau ini kaya vitamin, mineral, dan fitonutrien yang bisa menyehatkan tubuh. Tak hanya enak, bayam kaya akan nutrisi dan rendah kalori. Berikut manfaat bayam seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Melawan rheumatoid arthritis: Bayam bisa membantu menurunkan risiko rheumatoid arthritis dan asidosis (terlalu banyak asam dalam cairan tubuh) karena tingginya tingkat alkalinitas.

2. Mencegah gusi berdarah: Makan bayam bermanfaat bagi otang yang rentan memiliki masalah kesehatan gigi dan mulut. Kandungan vitamin C memberi perlindungan gigi dari gusi berdarah.

3. Regenerasi sel darah: Zat besi pada bayam membantu regenerasi sel-sel darah merah. Selain itu klorofil dan flavonoid mencegah trisiko pembentukan sel-sel abnormal atau kanker.

4. Cegah risiko aterosklerosis: Bayam mengurangi risiko aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah. Hal ini karena bayam mengandung antioksidan dan asam folat.

5. Mencegah masalah penglihatan: Tingginya kandungan karotenoid serta vitamin A dapat mencegah masalah penglihatan, seperti katarak, sulit melihat pada malam hari, mata kering, mata bisul dan gatal. Bayam memiliki sifat anti-inflamaai yang membantu mengurangi bengkak atau iritasi mata.

6. Menyehatkan pencernaan: Bayam kaya akan serat yang bisa melancarkan sistem pencernaan. Jika dikonsumsi secara teratur, dapat mencegah sakit maag, radang usus, dan sembelit sehingga menyehatkan pencernaan.

7. Mencegah osteoporosis: Vitamin K yang terkandung pada bayam dapat mencegah osteoporosis. Bayam juga mengandung osteocalcin, protein yang membantu untuk memperkuat dan mempertahankan kepadatan tulang.

8. Sehatkan ibu hamil dan janin: Ibu hamil disarankan makan sayur bayam. Kandungan folat pada bayam bisa menyehatkan janin yang dikandung. Sedangkan vitamin A membantu perkembangan paru-paru janin. Sayur bayam pun baik dikonsumsi oleh ibu menyusui.

9. Menurunkan tekanan darah: Bayam baik untuk pasien tekanan darah tinggi atau hipertensi karena tinggi kalium dan rendah sodium. Kandungan kalium membanntu menurunkan kadar tekanan darah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com