Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/06/2016, 19:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalau diperhatikan, menu berbuka puasa atau hidangan takjil yang banyak dijual adalah makanan maupun minuman yang manis.

Makanan dan minuman manis memang nikmat jika dikonsumsi pada waktu berbuka puasa. Tenaga seakan terisi kembali setelah puasa makan dan minum selama sekitar 13 jam.

Dokter spesialis gizi klini Samuel Oetoro mengatakan, kadar gula darah memang turun saat puasa sehingga tubuh terasa lemas.

Makan makanan manis dapat menaikkan kadar gula darah yang kemudian menjadi energi. Namun, jangan makan makanan manis yang berlebihan atau terlau manis.

"Memang bagus berbuka dengan yang manis, tetapi kalau manisnya kebanyakan kolak, teh manis, cendol, hanya manis sesaat," ujar Samuel.

Samuel mengungkapkan, makanan maupun minuman terlalu manis bisa membuat kadar gula darah melonjak dengan cepat sehingga memberatkan kerja pankreas dalam menghasilkan insulin. Insulin membantu penyerapan gula darah ke sel-sel di tubuh.

Ia menyarankan, berbuka dengan minum jus atau hanya sari buah yang secara alami mengandung fruktosa dan glukosa.

"Minum jus, gula darah juga akan naik, tapi naikknya gula darah sehat dan tidak menbenani pankreas," kata Samuel.

Selain itu, berbuka puasa dengan kurma juga sudah cukup untuk menaiikan gula darah. Hindari terlalu kalap ingin melahap semua hidangan di meja, seperti minum teh manis, lalu makan kolak dan es buah.

Setelah itu bisa dilanjutkan dengan salat Magrib. Selesai salat, jika ingin makan besar juga jangan berlebihan makanan manis. Hal ini bisa membuat tubuh malah lemas saat menjalani salat tarawih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com