Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda Penuaan Bisa Muncul pada Usia 30-an

Kompas.com - 14/06/2016, 09:47 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penuaan merupakan proses alami yang akan terjadi pada setiap orang. Proses penuaan bisa dimulai pada usia 20 tahun, namun belum terlihat jelas karena prosesnya terjadi secara perlahan.

"Penuaan adalah proses yang tidak terjadi secara mendadak. Bisa mulai terlihat di usia awal 30 tahun," ujar dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah Susie Rendra di Jakarta, Senin (13/6/2016).

Penuaan bisa terjadi di semua organ tubuh, akan tetapi tanda penuaan yang paling terlihat jelas adalah pada bagian wajah dan kulit. Susi mengatakan, tanda-tanda penuaan tak hanya muncul kerutan di wajah dan tumbuh uban. Berikut beberapa tanda-tanda penuaan.

- Kulit kendur (sagging)
- Pigmentasi, yaitu muncul bercak hitam di wajah.
- Kulit kering dan kasar
- Kulit menipis
- Kulit kehilangan volume
- Mudah terluka atau memar
- Proses penyembuhan lebih lambat

Semakin bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh semakin menurun. Kekurangan kolagen inilah yang menyebabkan elastisitas kulit berkurang sehingga menjadi keriput, kendur, hingga menipis.

Namun, proses penuaan bisa dipercepat atau terjadi penuaan dini karena faktor eksternal, seperti sering terkena paparan sinar matahari, merokok, stres, kurang tidur, konsumsi makanan tinggi gula.

Untuk menghambat proses penuaan dini, hindari faktor risiko eksternal. Selain itu, saat ini juga mulai banyak metode rejuvenasi untuk membuat seseorang terlihat awet muda, seperti mengurangi kerutan, membuat kulit kembali kencang, hingga menghilangkan noda hitam di wajah.

"Proses penuaan memang tidak bisa dicegah, tetapi penampakannya bisa dibuat lebih muda,"kata Susie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com