Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/06/2016, 15:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber SHAPE

KOMPAS.com - Berbentuk apakah tubuh Anda - buah apel, pir atau pisang? Mengetahui bentuk tubuh, tidak hanya bisa membantu kita menentukan jenis olahraga yang tepat dan bagian mana dari tubuh kita yang harus dilatih dengan lebih intens. Mengetahui bentuk tubuh juga dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda.

 

Apel
Masalah kesehatan: Tubuh Apple lebih rentan terhadap makanan enak, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Para peneliti menemukan, bahwa wanita yang meyimpan lemak di sekitar pinggang, cenderung kehilangan kontrol akan makanan dan tergila-gila pada junk food.

Apa yang harus dilakukan: Para peneliti mengatakan, bahwa mengetahui Anda rentan terhadap makanan enak seharusnya dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan sebelum menjadi masalah serius.

Jagalah pemicu nafsu makan mulai dari rumah, misalnya dengan membuat sebuah jurnal makanan, sehingga Anda dapat melihat pola dalam makan Anda, dan memilih untuk makan makanan sehat.

 

Pir
Masalah kesehatan: Wanita dengan tipe tubuh pir lebih berisiko untukmengalami sindrom metabolik, kata sebuah studi yang dimuat dalam The Journal of Endocrinology Clinical and Metabolism.

Sementara penelitian sebelumnya menunjukkan, bahwa lemak yang tersimpan di pinggul, bokong, dan paha berfungsi sebagai pelindung organ tubuh. Namun, selanjutnya, para peneliti menemukan bahwa lemak di area bokong meningkatkan kadar chemerin dan omentin-1, protein yang dapat menyebabkan peradangan dan resistensi insulin.

"Penemuan kami telah menghilangkan mitos bahwa lemak di bokong dan pinggul adalah jenis lemak yang tidak berbahaya," kata pemimpin penelitian Ishwarlal Jialal, Ph.D., seorang profesor di UC Davis.

Apa yang harus dilakukan: Anda harus mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk menjaga kadar gula darah tetap sehat. Kurangi konsumsi makanan manis, makanan olahan dan junk food.

 

Pisang
Masalah kesehatan: Adapun bentuk tubuh pisang (kurus), selama ini dianggap sebagai bentuk tubuh yang paling sehat.

Namun, jika Anda tetap hobi mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti junk food, risiko kanker dan diabetes tetap akan ada. Jadi, tipe tubuh ini tidak melindungi Anda dari risiko penyakit yang berbahaya yang disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat.

Apa yang harus dilakukan: Bentuk tubuh pisang tetap harus makan makanan yang sehat dan seimbang, meski Anda tidak melihat adanya efek samping dari makanan itu terhadap bentuk tubuh Anda yang cenderung langsing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com